Suroboyo.id – Bingung terkait dengan status paket kalian dalam Dakota serta bagaimana cara cek ongkir untuk ekspedisi ini?

Dakota merupakan salah satu perusahaan yang melayani ekspedisi pengiriman paket di berbagai daerah hingga ke luar negeri.

Ekspedisi ini juga melayani paket kargo melalui perjalanan darat, laut bahkan udara. Meski begitu Dakota masih terdengar asing di telinga masyarakat umum.

Baca Juga: 12 Arti Cek Resi SiCepat Halu: Lengkap Mulai dari Manifested, Out Hingga Delivered

Keunggulan ekspedisi ini berada di harga onkos kirim yang ditawarkan cukup murah dibanding dengan layanan penyedia jasa antar paket lainnya.

Jika kalian ingin menggunakan jasa pengiriman Dakota, berikut perhitungan tarif ongkir pengirimannya serta arti status dalam ekspedisi ini.

Cek Ongkir Dakota

  • ¬†Untuk pengiriman via Darat & Laut akan menggunakan rumus Panjang x Lebar x Tinggi di bagi 4000 dimana harga tarif akan tergantung dengan berat volumenya bukan berdasarkan berat aktual nya. Misalnya kamu ingin mengirim barang dengan berat 40 kg yang memiliki memiliki dimensi Panjang : 100 cm, lebar 70 cm, Tinggi 35 cm. Maka berat barang yang nantinya akan menjadi acuan tarif ongkos kirim adalah hasil dari P x L x T : 4000 = 100 x 70 x 35 : 400 = 61,25 kg. Nah 61,25 kg ini lah yang akan dihitung tarif ongkos kirimnya, bukan berat aktualnya yang 40 kg.
  • Begitu juga dengan pengiriman barang via udara, bedanya jika menggunakan via udara rumus yang digunakan adalah P X L X T : 6.000. Kamu tinggal masukin aja deh tuh ukuran dari barang yang akan dikirim.

Baca Juga: Cara Cek Resi Anteraja: Cari Tahu Status Paketmu

Arti Status Paket Dakota

  • Barang Dibuatkan BTT(Bukti Tanda Terima) Oleh : [Nama Cabang di Kota Alamat Pengirim]. Untuk Tujuan : [ Alamat Penerima/Tujuan ] Saat kamu tracking resi pengiriman Dakota Cargo, status atau proses pengiriman yang akan muncul adalah point ini. Status ini berarti barang yang akan dikirim sedang dibuatkan Bukti Tanda Terima oleh cabang atau counter Dakota Cargo terdekat dari tempat si pengirim. Karena biasanya sebelum dikirim, barang yang sudah diterima dari customer harus dibuatkan Bukti Tanda Terima(BTT) yang juga merupakan resi terlebih dahulu untuk selanjutnya dikirim.
  • Barang Berangkat (Transit) Ke : [ Nama Kota Cabang Dakota Pusat di Kota Pengirim ] Status ini artinya barang atau paket kamu sudah dalam perjalanan menuju cabang atau agen pusat di kota si pengirim untuk selanjutnya dikirim ke kota tujuan/penerima.
  • Barang Sampai (Transit) di : [ Nama Kota Cabang Dakota Pusat di Kota Pengirim ] Ini artinya barang kamu sudah sampai atau sudah berada di kantor cabang atau agen counter Dakota pusat di kota pengirim untuk selanjutnya disortir dan dikirim ke kota tujuan/ penerima.
  • Barang Berangkat (Transit) Ke : LEGUNDI GROUP Biasanya barang yang dikirim menggunakan Dakota Cargo akan transit terlebih dahulu di agen Dakota cabang Gresik dan jika status ini sudah muncul itu artinya barang sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan menuju cabang Gresik untuk selanjutnya segera di kirim ke kota tujuan/penerima.

Baca Juga: Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri, Beserta Ekspedisi yang Melayani

  • Barang Sampai (Transit) di : LEGUNDI GROUP Gresik Ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di kota transit an yaitu cabang Gresik untuk di sortir danlangsung dikirim ke kota tujuan/ penerima.
  • Barang Berangkat Ke : [ Nama Cabang Kota Tujuan ] Ini artinya barang yang sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan menuju kantor cabang Dakota terdekat di kota atau alamat tujuan/penerima.
  • Barang Sampai di : [ Nama Cabang Kota Tujuan ] Ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di kantor cabang Dakota terdekat di kota tujuan dan akan segera dikirim ke alamat tujuan/penerima barang.
  • Barang Diloper Oleh Petugas: Nah, kalau sudah muncul status ini itu artinya kamu harus siap-siap karena barang sudah diberikan ke kurir untuk diantar ke alamat tujuan/penerima. Jadi usahakan ada orang dirumah dan nomor handphone kamu aktif ya untuk jaga-jaga saat kurir sulit menemukan alamat rumah kamu.
  • Barang Diterima Oleh : [ Nama Penerima ] Nah ini artinya barang atau paket kamu sudah sampai di alamat tujuan dan sudah diterima, kemudian kurir akan menuliskan siapa yang menerima barang/paket. Jadi kamu bisa tau siapa yang menerima barang/paket, bisa oleh penerima paket, keluarga, teman atau tetangga sebelah lokasi rumah penerima.

Itulah mengetahui status paket kalian dalam Dakota serta bagaimana cara cek ongkir untuk ekspedisi ini.