Suroboyo.id – Dalam artikel ini akan membahas pengertian dari Vivipar, Ovivipar dan Ovovivipar lengkap beserta contohnya, simak penjelasan berikut.

Dalam salah satu materi pelajaran Biologi ada yang membahas tentang cara perkembang biakkan makhluk hidup yang dalam artikel ini tentang hewan baik secara beranak maupun bertelur.

Berdasarkan cara berkembang biak secara kawin atau generatif, hewan dibedakan menjadi 3 yakni Vivipar, Ovivipar dan Ovovivipar.

Baca Juga: Berikut Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak yang Perlu Diwaspadai oleh Para Orang Tua

Simak penjelasan ketiga perkembang biakkan hewan beserta contohnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Vivipar, Ovivipar dan Ovovivipar

Ketiganya merupakan cara hewan dalam berkembang biak secara kawin guna menambah populasi spesies tersebut.

Vivipar

Merupakan cara hewan berkembang biak melalui melahirkan. Embrio atau calon anak akan berkembang dan mendapat asupan makanan melalui plasenta. Setelah cukup umur, maka akan dikeluarkan oleh induknya melalui proses kelahiran.

Contoh hewan yang berkembang biak melalui Vivipar atau melahirkan adalah mamalia misalnya sapi, kucing, kelinci, paus dan lumba-lumba.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan: Dapat Menigkatkan Fokus dan Konsentrasi Hingga Atasi Kecanduan

Ovivipar

Merupakan cara hewan berkembang biak melalui bertelur. Embrio atau calon anak akan berkembang di dalam telur dan mendapat asupan melalui cadangan makanan yang ada di dalam telur.

Sebagai tambahan informasi bahwa telur ini berada di luar tubuh induknya, ketika sudah cukup umur maka akan menetas, biasanya telur akan dierami.

Contoh hewan yang berkembang biak melalui Ovivipar  atau bertelur adalah reptil, amfibi, ikan dan burung.

Ovovivipar

Merupakan cara hewan berkembang biak melalui bertelur dan beranak. Embrio atau calon anak berkembang di dalam telur yang masih di dalam tubuh induknya.

Yang membedakan dari Ovivipar adalah perkembangan embrio dalam telur di dalam dan di luar tubuh induknya.

Baca Juga: Tanda Seseorang Masih Memiliki Luka Batin yang Belum Selesai, Kamu Termasuk?

Ketika cukup umur maka akan menetas dan keluar dari tubuh induknya sehingga mirip seperti melahirkan.

Contoh hewan yang berkembang biak melalui Ovovivipar adalah ular boa, hiu dan kadal.

Itulah pembahasan terkait apa itu Vivipar, Ovivipar dan Ovovivivipar dalam artikel ini yang juga disertai dengan contoh hewan yang berkembang biak melalui masing-masing metode. Semoga menambah informasi bagi kalian.