Antwerp Vs Barcelona : Meski Kalah 2-3, Barca Tetap Raih Gelar Juara Grup H

suroboyo.id – Barcelona mengalami kekalahan mengejutkan dari Royal Antwerp dalam pertandingan terakhir fase grup Liga Champions. Meskipun demikian, Barcelona berhasil menutup fase grup sebagai juara Grup H.

Pertandingan sengit Antwerp vs Barcelona berlangsung di Bosuilstadion pada Kamis (14/12/2023) dinihari WIB. Barca harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor akhir 2-3.

Barcelona berhasil menyamakan kedudukan dua kali melalui gol dari Ferran Torres dan pemain pengganti Marc Guiu. Namun, Antwerp memastikan kemenangan mereka melalui gol yang dicetak oleh George Ilenikhena di penghujung pertandingan.

Dengan hasil ini, Barcelona meraih gelar juara Grup H. Barca berhasil mengumpulkan 12 poin dari enam pertandingan, sejajar dengan Porto yang pada pertandingan lain mengalahkan Shakhtar Donetsk 5-3, namun unggul dalam head-to-head.

Shakhtar finis di posisi ketiga dengan sembilan poin, memastikan tempat di babak playoff Liga Europa, sementara Antwerp berada di posisi terbawah dengan hanya mengumpulkan tiga poin.

Jalannya Pertandingan Antwerp Vs Barcelona

Antwerp mengejutkan Barcelona. Saat pertandingan belum genap berjalan dua menit, Antwerp mencetak gol cepat dari Arthur Vermeeren untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Gol pembuka tim tuan rumah tidak lepas dari blunder Barcelona. Sebuah umpan Ritchie De Laet ke depan dihalah Andreas Christensen.

Sergi Roberto tidak mengantisipasi umpan Inaki Pena sehingga bola jatuh di jalur Vermeeren. Pemain yang disebut terakhir melepaskan tembakan kaki kanan, yang mengenai tiang sebelum bersarang di jala gawang Barca.

Delapan menit berselang, Antwerp mengancam lagi. De Laet menembus kotak penalti Barcelona lalu mengirim umpan tarik yang diterima Vincent Janssen. Namun, sepakan Janssen masih mengarah tepat ke pelukan Inaki Pena.

Barcelona akhirnya menciptakan gol balasan di menit ke-35. Ferran Torres menjadikan skor seimbang 1-1.

Baca Juga :   Memburu Pelatih Baru: Real Madrid Antara Xabi Alonso dan Zinedine Zidane

Lamine Yamal memimpin serbuan Barca dari sayap kanan, lalu mengirim umpan ke depan yang membelah pertahanan Antwerp. Ferran Torres menerima umpan Yamal, sekali melakukan sentuhan sebelum menyelesaikan dengan sontekan ke sudut atas jala gawang.

Antwerp mencetak gol ke gawang Barcelona hanya empat menit setelah restart. Namun, gol itu dianulir karena offside.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Antwerp akhirnya terlahir di menit ke-56. Janssen mengembalikan kepemimpinan Antwerp atas Barca 2-1.

Oriol Romeu kehilangan bola di luar kotak penalti sendiri, sehingga bola dikuasai Alhasan Yusuf. Yusuf kemudian mengirim umpan pendek kepada Janssen di dalam kotak penalti untuk diselesaikan dengan tembakan ke sudut bawah gawang Barcelona.

Barcelona nyaris mencetak gol penyama di menit ke-74. Umpan tarik Yamal melahirkan kemelut di depan gawang sebelum bola jatuh di jalur Ferran Torres. Bekerja sama dengan Joao Cancelo, penyelesaian Torres cuma menjadi tendangan gawang.

Memasuki injury time, Barcelona akhirnya menyamakan skor. Marc Guiu mencetak gol kedua Barca untuk mengubah kedudukan 2-2.

Ilkay Guendogan mengirim tendangan bebas ke kotak penalti. Guiu lolos dari pengawalan untuk menyambut bola dengan sundulan yang menaklukkan Inaki Pena.

Antwerp menciptakan respons kilat. Semenit berselang, George Ilenikhena melahirkan gol ketiga Antwerp sehingga skor kini 3-2.

Dari tendangan gawang, Yusuf mendapatkan bola pantul lalu bekerja sama dengan Jelle Bataille yang meneruskan dengan umpan ke depan. Ilenikhena terbebas lalu dengan mudah memperdaya Inaki Pena dengan sepakan kaki kiri.

Susunan Pemain

ANTWERP: Jean Butez, De Laet, Alderweireld, Wijndal, Coulibaly, Yusuf, Keita, Vermeeren, Janssen (Ilenikhena 79′), Kerk (Battaile 69′), Ejuke

BARCELONA: Inaki Pena, Sergi Roberto (Casado 76′), Christensen, Kounde, Balde, Hector Fort (Cancelo 60′), Romeu (Gundogan 60′), Fermin Lopez (Pedri 60′), Ferran Torres, Lamine Yamal, Lewandowski (Guiu 72′)