Suroboyo – Pepaya adalah salah satu tanaman yang mirip dengan pohon tropis. Pepaya pada awalnya hanya dibudidayakan di Mexico dan pepaya mampu tumbuh setinggi 30 meter.

Tanaman papaya merupakan tanaman yang serba guna, selain buahnya yang enak, daun dan juga akarnya bisa di gunakan sebagai obat. Namun kali ini kita hanya akan membahas bagian manfaat daun pepaya yang memiliki banyak khasiat

Di dalam daun pepaya terkadung banyak nilai gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan juga kalsium. Dengan kandungan gizi tersebut, daun pepaya mampu menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah kanker dan bersifat anti oksidan.

Baca Juga: Ingin Turunkan Kolesterol, Simak 5 Tips Berikut Serta Hindari Konsumsi Makanan Ini

Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya yang sering di gunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan:

Sebagai anti kanker

Manfaat daun pepaya sanggup menjadi zat anti kanker di dalam tubuh. Di dalam jus daun papaya terdapat beberapa jenis enzim yang mempunyai sifat yang dapat melawan kanker dan juga pada berbagai tumor seperti kanker pada leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan juga melawan kanker pancreas tanpa adanya efek beracun bagi tubuh.

Manfaat daun pepaya ini membuatnya sering kali di gunakan sebagai alternatif dalam menjalani kemoterapi. Ekstrak daun papaya juga mampu mengatur sel T untuk meningkatkan respon sistem imun terhadap kanker.

Menghambat tumbuhnya bakteri

Manfaat daun pepaya selanjutnya sebagai penghambat tumbuhnya bakteri. Di dalam jus daun papaya terdapat 50 bahan aktif yang di dalamnya termasuk juga senyawa karpein yang mampu menjadi menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri.

Dengan banyaknya bahan aktif tersebut membuat manfaat daun pepaya banyak di gunakan sebagai pengobatan herbal terhadap cacing yang berada di dalam usus dengan zat tanninnya.

Dengan adanya zat tannin di dalam daun papaya maka usus akan terlindungi dari infeksi berulang yang terjadi pada dinding usus, sehingga cacing tidak dapat menempel lagi.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat daun pepaya mampu membantu meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Kondisi ini akan membantu melawan infeksi virus seperti virus flu.

Di dalam daun papaya terdapat lebih dari 50 bahan aktif yang di dalamnya termasuk vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Demam Berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh tersebarnya virus melalui nyamuk aedes aegypti. Demam berdarah akan menyebabkan kematian jika tidak segera di obati karena kadar trombosit akan terus menurun.

Manfaat daun pepaya dapat di gunakan sebagai jus untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa ada efek samping. Di dalam ekstrak daun pepaya terdapat enzim yang bernama papain yang mampu membantu meningkatkan kadar trombosit.

Membantu mengatasi pembesaran pada prostat

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah mampu membantu untuk masalah pembesaran pada prostat. Daun pepaya juga mengurangi efek yang di timbulkan dari membesarnya prostat tersebut.

Membantu sistem pencernaan

Daun pepaya juga mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam sistem pencernaan. Enzim papain di dalam daun papaya dapat membantu dalam pencernaan protein.

Rebusan daun papaya juga mampu mengurangi rasa mulas di perut serta dapat merangsang nafsu makan. Manfaat daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum.

Baca Juga: Waspadai Penyebab dan Cara Mengatasi Stroke dengan Cepat dan Tepat

Itulah tadi 6 Khasiat daun pepaya yang tentu saja baik bagi kesehatan tubuh manusia, untuk mengolah tanaman ini dapat dijadikan sebagai lalapan dengan cara dikukus atau dikombinasikan dengan rempah sehingga rasanya tidak pahit.