Suroboyo.id – Berikut 5 skill yang wajib kamu kuasai di bidang digital marketing.

Skill menjadi syarat utama untuk kualifikasi suatu perusahaan dalam merekrut orang-orang dalam digital marketing.

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang digital marketer, kamu harus menguasai tugas dari seorang digital marketer sekaligus juga menguasai berbagai tools untuk melakukan strategi digital marketing.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital.

Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Dan berikut ini 5 skill yang wajib kamu miliki jika kamu ingin bekerja di bidang digital marketing.

Memahami Media Sosial

Melakukan digital marketing berarti menggunakan segala bentuk digital channel untuk menjangkau audiens, tidak terkecuali media sosial yang memiliki pengguna semakin masif.

Bagi kamu pengguna media sosial, ini merupakan sebuah keuntungan .

Tapi, tidak cukup sebagai pengguna saja. Digital marketer juga harus memahami algoritma, cara kerja, data metrik yang unik dan berbeda pada masing-masing medsos.

Setelah itu, digital marketer harus bisa menyesuaikan konten yang relevan dan berkualitas bagi masing-masing audiens di media sosial tersebut.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online: Mudah, Bisa Dimana dan Kapan Saja

Memiliki Komunikasi yang Bagus

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu interpersonal skill yang dibutuhkan dalam digital marketing.

Hal itu dikarenakan peran utama digital marketer adalah menyebarkan pesan melalui campaign serta membangun hubungan baik dengan konsumen demi mendapat loyalitas.

Digital marketer juga merupakan jembatan antara kepentingan bisnis perusahaan dengan kebutuhan konsumen.

Content Marketing

Pembuatan content marketing yang baik dan tepat dapat menarik calon customer yang potensial.

Pasalnya, masyarakat zaman sekarang ini tidak terlepas dari media sosial. Sehingga, konten yang dipublikasikan tersebut besar kemungkinannya untuk dilihat khalayak ramai dan nantinya dapat menjadi calon customer perusahaan maupun produk dan jasa.

Content marketing sendiri terdiri dari banyak bentuk. Diantaranya adalah video, info grafik, newsletter, dan masih banyak lagi.

Businesse Strategy/Strategic Planning (Perancangan Bisnis)

Secara umum, strategi bisnis adalah perencanaan jangka panjang dan pendek suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya agar menarik banyak customer.

Serta juga membuat customer loyal terhadap perusahaan. Sehingga kamu perlu mengetahui strategi bisnis perusahaan agar kegiatan digital marketing bisa seiring dengan jalannya perusahaan.

Baca juga: Langsung Praktek, Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Sablon hingga Jahit Bagi Driver Ojol Perempuan

Design (Seni Desain)

Untuk menghasilkan konten marketing yang menarik, dibutuhkan skill desain dasar yang akan membantu kamu dalam menentukan apakah sebuah konten tersebut layak dan menarik untuk customer.

Suatu produk pasti memiliki karakteristiknya sendiri yang harus diangkat dalam sebuah desain. Apakah produk tersebut untuk anak-anak ataukah remaja, dan sebagainya.