Suroboyo.id – Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak-anak yang memiliki kecerdasan tinggi.

Kecerdasan pada anak bisa saja merupakan faktor gen atau keturunan dari orang tua. Namun bisa juga dari pola asuh dan asupan yang diberikan oleh orang tuanya.

Akan tetapi, sebagian orang tua tidak menyadari jika sang buah hati termasuk anak yang cerdas. Padahal seharusnya orang tua wajib mengetahui hal tersebut.

Baca juga: Berikut Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak yang Perlu Diwaspadai oleh Para Orang Tua

Kebiasaan seorang anak harus diketahui oleh para orang tua dikarenakan agar hal tersebut dapat dijadikan parameter bagaimana cara memperlakukan anak sesuai dengan tingkat kecerdasannya, dan bagaimana seharusnya memperlakukan anak cerdas.

Berikut ini adalah kebiasaan anak-anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan wajib diketahui oleh para orang tua agar dapat mengasuh sekaligus mengasah kecerdasan anak-anak dengan baik.

1. Sangat Aktif

Anak yang aktif berbeda dengan anak yang hiperaktif. Anak yang aktif akan memiliki fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik.

Sedangkan anak hiperaktif biasanya tidak fokus, tidak bisa diam, tidak sabar, dan cenderung agresif.

Masalahnya, orang tua lebih senang apabila anaknya duduk diam sambil bermain gadget dan menonton Tv ketimbang melakukan banyak kegiatan fisik.

Padahal aktivitas dengan banyak kegiatan fisik sangat baik untuk merangsang kecerdasan anak.

2. Mamiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Selanjutnya si kecil memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Itu artinya Si Kecil mempunyai tanda kecerdasan sejak dini.

Anak yang sering mengajukan banyak pertanyaan menunjukkan keinginan mereka untuk belajar. Anak mencari peluang untuk belajar di mana pun berada, dengan demikian semakin mengembangkan pikiran dan kecerdasannya.

3. Memiliki Minat yang Besar

Anak cerdas biasanya memiliki minat besar pada beberapa hal, dan mereka juga menguasai hal-hal yang menarik minat mereka itu.

Seperti menghapal jenis-jenis dinosaurus, atau menghapal seri kartun tertentu, atau pada musik dan visual atau menggambar.

4. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Anak yang cerdas biasanya memiliki daya ingat yang kuat pada berbagai macam informasi yang pernah dilihat maupun didengarkannya.

Dengan adanya daya ingat yang kuat tersebut akan menjadikan anak lebih mudah memahami dan menangkap pelajaran di sekolah.

Selain itu juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian anak.

Baca juga: Pola Asuh Orang Tua yang Membuat Mental Anak Menjadi Strawberry Generation, Orang Tua Wajib tahu!

5. Suka Berimajinsi

Selain memiliki daya ingat yang tinggi, anak cerdas juga memiliki ciri-ciri suka berimajinasi.

Biasanya mereka akan berimajinasi dengan menirukan hal-hal yang terdapat disekitarnya. Misalnya dengan membayangkan awan berbentuk burung atau membuat gambar dengan cerita yang dibuatnya sendiri.

Demikian 5 kebiasaan anak cerdas yang wajib para orang tahu. Dan semoga bermanfaat.