7 Manfaat Buah Kecubung, Sering Dikenal Tanaman Berbahaya

7 Manfaat Buah Kecubung
7 Manfaat Buah Kecubung

Suroboyo.id – Meskipun sering dikenal salah satu yang bebahaya, ternyata ada 7 Manfaat Buah Kecubung untuk kesehatan.

Dikatakan tanaman yang berbahaya buah kecubung bisa menyebabkan efek halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah yang bertekstur bulat kecil berwarna hijau dengan duri-duri yang mengelilinginya ini juga bisa menghilangkan kesadaran lantaran memiliki efek anestesi. Sehingga kecubung bisa disebut sebagai obat bius alami.

Meskipun memiliki kandungan senyawa kimia berbahaya, namun buah kecubung ternyata juga bisa digunakan sebagai obat dengan takaran yang tepat.

Di balik efek buruk yang ditimbulkan tanaman ini, ternyata terdapat 7 Manfaat Buah Kecubung bagi kesehatan, yuk simak apa saja beserta penjelasan lengkapnya.

7 Manfaat Buah Kecubung

Buah kecubung dikenal sebagai tanaman yang berbahaya karena kandungan senyawa kimia berbahaya, salah satu efek yang timbul adalah halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun tanaman ini tidak melulu berakibat buruk pada kesehatan, setidaknya ada 7 Manfaat Buah Kecubung jika digunakan dengantakaran yang tepat.

1. Mengatasi Reumatik

Cara mengatasi reumatik menggunakan tanaman ini adalah dengan menghaluskan daun dan buah kecubung bersamaan. Setelah halus tambahkan jahe dan bawang merah, ramuan siap untuk diaplikasikan ke bagian tubuh yang mengalami reumatik.

2. Mengobati Asma

Tanaman kecubung juga bisa digunakan untuk obat alternatif untuk penyakit asma. Bagian yang diambil adlah daunnya.

Cara pencegahan atau pengobatan asma adalah dengan memotong-motong daun kecubung dan membuatnya menjadi bubuk.

3. Mengobati Sakit Perut

Buah Kecubung ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengobati sakit perut semisal masalah pencernaan akibat sembelit.

4. Menghilangkan Ketombe

Memiliki rambut yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun sering kali terdapat masalah pada mahkota kepala ini.

Baca Juga :   4 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan: Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Hingga Mengobati Kanker

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rambut adalah ketombe dengan ketidaknyamanan karena rasa gatal pada kulit kepala.

salah satu dari 7 Manfaat Buah Kecubung adalah bisa mengobati masalah ini, dengan cara mengambil ekstrak minyak buah hijau berduri ini. Penggunaan yang rutin bisa memaksimalkan perawatan rambut untuk mencegah timbulnya ketombe.

5. Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di buah kecubung bisa membantu mengatasi penyakit eksim. Penggunaan yang rutin bisa mengembalikan kulit seperti sedia kala.

6. Meredakan Radang Telinga

Selain kandungan antioksidan, dalam buah kecubung juga terkandung antiinflamasi yang membantu mengatasi berbagai penyakit radang pada bagian tubuh, termasuk telinga.

7. Meredakan Pembekakan

Tanaman ini juga bermanfaat untuk membantu meredakan pembekakan, caranya dengan memanggang buah kecubung dan diberi minyak kelapa.

Dipercaya ramuan dari buah kecubung ini bisa membantu meredakan pembekakan yang disebabkan oleh beberapa hal.

Itulah 7 Manfaat Buah Kecubung bagi kesehatan. Meskipun dikenal sebagai tanaman yang berbahaya karena dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Alangkah baiknya konsultasikan dahulu ke dokter jika hendak menggunakan buah kecubung untuk mengetahui efek samping dari tanaman ini.