Suroboyo.id – Madu memiliki banyak kandungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh, hingga kecantikan. Karena madu memiliki banyak nutrisi penting didalamnya.

Namun, ternyata sekarang banyak beredar madu palsu yang diproduksi oleh orang-orang tidak bertanggung sehingga dapat merugikan masyarakat.

Madu asli memiliki kandungan antioxidant yang berupa polifenol dan flavanoid yang dapat mengatasi peradangan hingga vitamin dan mineral yang berperan dalam membangun sistem kekebalan pada tubuh.

Akan tetapi, tidak ada manfaat dari madu yang didapat jika seseorang mengonsumsi madu yang palsu. Sebab madu palsu hanya terdapat pemanis lain seperti gula. Sehingga hanya memberikan rasa manis tanpa mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Agak Pahit, Inilah 5 Khasiat Daun Pepaya dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Sebelum membedakan antara madu asli dengan yang palsu. Sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri madu asli dan bagaimana madu dihasilkan oleh lebah.

Madu asli terbuat dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah madu. Nektar tersebut kemudian dihimpun dan dibawa ke sarang lebah untuk melewati tiga tahap pemrosesan sebelum menjadi madu.

Tahap pertama, enzim akan disuntikkan ke dalam nektar yang mengental sehingga membentuk fermentasi nektar.

Di tahap kedua, enzim akan membentuk cairan nektar bunga menjadi madu. Dan di tahap ketiga, prosesnya terus berlangsung hingga secara alami madu mengalami proses ekstraksi yang membuatkadar airnya menghilang sekitar 80 persen.

Proses tersebut yang dapat membuat madu memiliki warna coklat keemasan dan memiliki konsistensi yang kental.

Baca juga: Meskipun Sehat, Terlalu Sering Minum Jus Jeruk Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Sedangkan madu palsu, biasanya terdapat dua jenis. Yaitu madu asli yang dicampurkan dengan madu palsu, namun kapasitas madu asli lebih sedikit.

Lalu ada madu palsu yang hanya terbuat dari gula, fruktosa, glukosa, pemanis atau sirup berwarna cokelatkeemasan. Sehingga tampak dari luar konsistensi dan warnanya mirip seperti madu.

Madu tersebut tidak akan memberikan manfaat melainkan hanya terasa manis saja.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

1. Tes Kristalisasi

Proses pembentukan madu asli yang bercampur dengan enzim dari lebah dapat membuat teksturnya cenderung membentuk gumpalan pada bagian bawah botol.

Hal tersebut disebabkan karena enzim tersebut terus bekerja setelah disimpan lama.

Dalam madu palsu tidak akan terjadi kristalisasi karena tidak terdapat enzim apapun didalamnya. Sehingga konsistensinya akan sama sejak pertama kali disimpan dalam wadah botol.

2. Tes Air

Ini merupakan metode paling simple untuk membedakan antara madu yang asli dengan yang palsu.

Madu asli tidak mudah tercampur dengan air. Sehingga saat dituangkan saru atau dua tetes ke dalam segelas air maka konsistensinya tetap bertahan dan mengendap di dasar gelas.

Sedangkan madu palsu yang terbuat dari gula, konsistensinya mudah memudarbila terkena air bahkan tanpa diaduk sekalipun.

Baca juga: Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula yang Tidak Banyak Orang Tahu

3. Tes Kertas

Coba untuk mengambil satu lembar kertas putih atau tisu. Lalu letakkan masing-masing satu tetes madu ke atas dua lembar kertas tersebut.

Pada madu asli yang kadar airnya sangat sedikit, maka madu tersebut tidak akan membasahi kertasnya.

Sedangkan pada madu palsu, akan meleleh akibat perubahan suhu yang membuatnya mudah mencair dan membasahi kertas atau tisu tersebut.