ZCluster Sistem Keamanan Perumahan lewat One Gate System

ZCluster Sistem Keamanan Perumahan lewat One Gate System

Faktor keamanan menjadi salah satu fator paling penting yang selalu diperhatikan dalam suatu kawasan perumahan.  Sistem pengamanan yang kini banyak diterapkan di kawasan perumahan di antaranya adalah one gate system atau sistem satu pintu yang dinilai lebih efektif dan efisien.

Banyak kawasan perumahan elit di kota-kota besar seperti perumahan cluster atau town house saat ini sudah menerapkan sistem keamanan terpadu satu pintu dilengkapi teknologi canggih.

Menurut  CEO PT Zona Teknologi Indonesia Dewi Mulyani, sistem pengamanan One Gate System biasanya terdiri dari satu atau gabungan dari sejumlah perangkat.  Perangkat biasanya berupa hardware berupa palang pintu (barrier gate), kartu akses, serta perangkat lainnya yang sudah terintegrasi dengan software atau aplikasi.

Zona Teknologi Indonesia sebagai salah satu vendor sistem keamanan belum lama ini merilis produk barrier gate canggih terbarunya.  Produk tersebut dinamakan ZCluster, hasil kolaborasi antara dua brand yakni Barrier Gate merk IXHA dengan Aplikasi ZSoft, yang keduanya diproduksi oleh Zona Teknologi Indonesia.

Dewi menerangkan ZCluster merupakan perangkat one gate solution yang memiliki banyak sekali fitur di dalamnya. Di antaranya sistem data warga/penghuni yang dilengkapi sistem informasi pemasukan pendapatan dari Iuran bulanan warga.  Selain itu ada voice greeting dan voice peringatan saat jatuh tempo pembayaran IPL.

“Tidak kalah menariknya ada fungsi buku tamu, yang mana tamu jika berkunjung ke kluster perumahan tersebut wajib di ambil foto ktp-nya serta keperluannya apa dan tujuan kemana selain itu ada pembatasan waktu berkunjung tamu,” ucapnya.

Fungsi lainnya dari ZCluster adalah fungsi pemindaian otomatis foto saat kartu di dekatkan ke tiang reader. Hal ini akan menambah keamanan karena siapa pun yang keluar masuk kawasan perumahan akan terdeteksi melalui info lengkap foto kendaraan dan wajah.   Kartu akses perumahan juga bisa dibuat opsi kartu utama dan kartu tambahan, di mana fungsi kartu tambahan mengikuti kartu utama. Apabila kartu utama terblokir karena telat bayar iuran, maka kartu tambahan juga ikut terblokir.

Baca Juga :   Rayakan Bulan K3, Peserta Pelatihan Mutiara Mutu Sertifikasi Berkontribusi dalam Aksi Sosial

“Jadi, dengan fitur tersebut yang membuat produk ZCluster banyak diminati, apalagi ditunjang dengan kapasitas user unlimited serta  kapasitas transaksi in out yang juga unlimited,” kata Dini.

Dewi menjelaskan, walau terbilang masih baru,  ternyata produk  ini sudah dipakai di banyak cluster  perumahan serta pengembang terkenal seperti kawasan Metropolitan Land, Jaya Property, Agung Podomoro, Lippo dan Sinar Mas Land.  Selain itu, ZCluster juga banyak diterapkan di sejumlah town house atau kawasan cluster perumahan yang dikelola langsung oleh warga. “Sudah lebih dari 1.000 cluster perumahan menggunakan produk tersebut, yang mana ini sepertinya cukup membuktikan produk tersebut sangat diminati,” ujarnya.

Mengenai harga,  Dewi menjelaskan bahwa paket barrier gate ZCluster dibanderol mulai harga Rp 10 juta untuk tipe paling murah sampai harga Rp40 jutaan untuk tipe  paling mahal.

“Harga tersebut sudah termasuk dengan pemasangan, dan sangat sebanding dengan segudang fitur yang ditawarkan,” tuturnya.