Suroboyo.id – Tips sederhana atasi overthinking. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini.

Overthingkink adalah terlalu banyak menggunakan waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan. Overthinking juga dapat berupa ruminasi (kecenderungan untuk memikirkan hal yang telah berlalu) dan rasa khawatir berlebihan.

Namun ada sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan overthinking.

Berikut ini adalah tips sederhana untuk menghilangkan kebiasaan overthinking dengan cara yang sangat menyenagkan.

Baca juga: Bikin Tubuh Tetap Fit, Berikut 5 Makanan Pembersih Darah

1. Latihan Meditasi

Wanita, Yoga, Meditasi, Perhatian

Coba untuk melakukan latihan meditasi atau latihan pernapasan untuk menenangkan diri.Meditasi adalah proses kebiasaan melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran.

Dalam Journal of Clinical Medicine melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional seperti yoga, qigong, tai chi sangat efektif untuk menangani masalah seperti rasa cemas, gangguan tidur, dan depresi.

2. Berjalan-Jalan Menikmati Udara Segar

Lintas Alam, Berjalan, Perjalanan, Gadis

Atau luangkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan menghirup udara segar.

Melansir laman Lifehack.org ada istilah forest bathing yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar dapat membantu diri dalam menata kembali pikiran.

Saat diri sudah terhubung dengan lingkungan sekitar dan alam terbuka, kita akan dapat kembali terhubung dengan diri sendiri. Sehingga pikiran akan menjadi lebih jernih.

3. Tuangkan Pearasaan dalam Tulisan

Dewasa, Buku Harian, Jurnal

Ketika sedang cemas dan overthinking, menuangkan isi hati dan perasaan dalam tulisan akan membantu menenangkan diri.

Ketika semua yang kita rasakan tertuang dalam kata-kata, pikiran akan terasa lebih jernih dan akan mengurangi overthinking.

Baca juga: Kenali Gejala Radang Amandel pada Anak dan Remaja Sekaligus Cara Penanganannya

4. Bersepeda

Gadis, Sepeda, Matahari Terbenam

Melakukan aktivitas bersepeda secara rutin juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung hingga menurunkan tekanan darah.

Semakin baik kinerjasistem peredaran darah atau kardiovaskular maka semakin rendah resiko terkena stroke. Pada saat konsisi tubuh lebih segar dan bugar, pikiran juga akan menjadi jernih.

Itulah 4 tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan overthingkingmu. Caranya cukup mudah dan tentunya akan sangat mentenangkan serta mengembalikan kejernihan pikiran.