Suroboyo.id – Tips menggunakan catokan rambut agar terhindar dari kerusakan pada rambut. Menggunakan catokan rambut memang tidak boleh asal menggunakannya. Sebab jika asal menggunakan justru akan merusak kondisi pada rambut.

Dikarenakan suhu dari catokan yang panas, akan membuat rambut menjadi kering, patah, hingga rontok.

Belakangan ini, mencatok rambut menjadi trend dalam dunia kecantikan. Tidak sedikit pula para wanita yang mengaku tidak bisa hidup tanpa menggunakan catokan.

Baca juga: Rekomendasi Kado Natal Paling Menarik untuk Kerabat, Pasangan dan Sahabat

Namun sayangnya tidak semua wanita mengetahui bagaimana cara mencatok rambut agar hasil tampak natural dan tidak merusak rambut.

Dan, agar hasil catokan rambut tampak alami dan rambut kamu tidak rusak, berikut tips yang dapat kamu praktekan agar rambut tidak rusak.

1. Pastikan Rambut dalam Kondisi Kering

Ketika sedang terburu-buru, seringkali sebagian orang menggunakan alat meluruskan rambut dalam kondisi rambut masih basah.

Padahal justru hal itu dapat memicu kerusakan pada rambut. Sebab, rambut yang basah atau setengah kering lebih lemah dan rentan mengalami kerusakan.

Terutama jika harus bersentuhan langsung dengan catokan rambut yang panas. Sehingga, sebaiknya biarkan rambut benar-benar kering alami atau keringkan dengan handuk terlebih dahulu.

2. Atur Suhu Sesuai dengan Kondisi Rambut

Normalnya, 185 derajat celsius adalah suhu paling aman untuk mencatok rambut. Hal ini pun sudah terbukti oleh tim pakar rambut pada berbagai belahan dunia.

Untuk itu, cara mencatok rambut yang tepat adalah salah satunya dengan menghindari menggunakan catokan rambut dengan suhu lebih dari 185 derajat celcius.

Kamu dapat mengatur suhu sesuai dengan jenis rambut. Jika mempunyai rambut halus atau rentan rusak, maka gunakanlah suhu di kisaran 120-150 derajat celcius.

Baca juga: 20 Kata-Kata Afirmasi Positif Powerfull Menarik Kebahagiaan dan Kesehatan

3. Lakukan Perawatan Rutin

Jika kamu sering mencatok rambut, hal yang tak kalah pentingnya adalah melakukan perawatan pada rambut secara rutin.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan vitamin dan serum yang berguna untuk mengunci kelembaban rambut, serta memberi nutrisi ekstra pada rambut.

Selain itu, vitamin rambut juga dapat memberi efek bouncy dan rambut bebas kaku dan kering. Vitamin atau serum rambut dapat kamu gunakan pada saat rambut dalam kondisi setengah basah sebelum blow dry atau setelah mencatok rambut.