Thom Haye Dengan Terbuka Ekspresikan Keinginan Bergabung dengan Timnas Indonesia

suroboyo.id – Timnas Indonesia berpotensi mendapatkan tambahan kekuatan, seiring keinginan gelandang SC Heerenveen, Thom Haye, untuk membela Garuda melalui proses naturalisasi.

Upaya naturalisasi pemain keturunan di luar negeri menjadi fokus utama Timnas Indonesia saat ini. Baru-baru ini, Justin Hubner dari klub Wolverhampton bergabung dengan Skuad Garuda melalui proses tersebut.

Berbeda dengan era 2010-an, program naturalisasi Timnas Indonesia sekarang lebih mengedepankan pemain keturunan. Semua proses naturalisasi juga melibatkan persetujuan dari pelatih Shin Tae-yong.

Tidak seperti sebelumnya di mana Indonesia mencari pemain untuk dinaturalisasi, sekarang giliran pemain yang menunjukkan minat untuk membela Indonesia. Thom Haye adalah salah satu contohnya.

Sebenarnya, ini bukan kabar baru lagi bagi fans Timnas Indonesia. Thom Haya sejak lama memang menyatakan minatnya untuk bisa membela Timnas Indonesia. Namun, dia belum dilirik pelatih Shin Tae-yong.

Baru-baru ini, Thom Haye kembali menyatakan hasrat untuk bisa membela Timnas Indonesia.

“Ya, itu (bermain untuk Timnas Indonesia) akan terasa menyenangkan dan bakalan terjadi. Saya yakin hal itu masih bisa terjadi. Itu akan sangat bagus,” ucap Thom Haye dalam wawancara dengan ESPN Belanda.

Thom Haye dikabarkan punya darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Sang kakek dari Solo, sedangkan neneknya dari Sulawesi. Jika kabar itu benar, sesuai regulasi FIFA, Thom Haye bisa membela Timnas Indonesia.

Thom Haye tampil konsisten bersama SC Heerenveen sejak direkrut pada Januari 2022 lalu. Dia jadi salah satu pemain kunci di lini tengah dengan menit bermain yang sangat banyak.

Pada musim 2023/2023, hingga pekan ke-15, SC Heerenveen sudah memainkan 13 laga dan semua sebagai pemain inti. Tom Haye hanya melewatkan satu pertandingan yakni saat menjalani sanksi akumulasi kartu merah.

Baca Juga :   Dalam Laga Penuh Kontroversi, Persebaya Menelan Kekalahan 0-4 dari Persik

Meskipun berposisi sebagai gelandang bertahan atau tengah, naluri gol Thom Haye cukup bagus. Dia sudah bikin dua gol dari 13 laga di Eredivisie.

Thom Haye punya kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dia bermain konsisten dan membawa SC Heerenveen bersaing di papan tengah Eredivisie (kompetisi kasta tertinggi di Belanda). Tom Haye juga bermain secara reguler.

Thom Haye bisa menambah kedalaman skuad Timnas Indonesia di lini tengah. Dia bisa bersaing atau bahkan berduet dengan Marc Klok di sektor gelandang. Thom Haye bisa jadi opsi yang menjanjikan.