Viral  

Sinopsis Dari Film The Devil on Trial: Film Dokumenter Berdasarkan Kisah Nyata dari The Conjuring

suroboyo.id – Netflix, platform streaming yang dikenal dengan beragam konten eksklusifnya, kembali merilis film terbarunya dengan judul The Devil on Trial pada tanggal 17 Oktober 2023. Film ini mengusung genre horor dengan pendekatan dokumenter, dan diarahkan oleh sutradara berbakat, Christopher Holt.

Sebagai film dokumenter, The Devil on Trial diambil dari kisah nyata yang sebelumnya telah diadaptasi menjadi film berjudul The Conjuring: The Devil Made Me Do It pada tahun 2021.

Film ini mengikuti tradisi waralaba The Conjuring dengan membahas fenomena kerasukan yang intens dan menakutkan, disertai dengan serangkaian peristiwa aneh yang menguji keyakinan dan keraguan manusia terhadap hal-hal gaib.

The Devil on Trial berfokus pada kisah saksi mata, yaitu Arne Cheyenne Johnson, seorang pria Amerika yang pada suatu waktu dituduh telah membunuh tetangganya, Alan Bono.

Kala itu tahun 1981, Johnson membantah telah melakukan pembunuhan itu. Sebagai bentuk pembelaan, ia menggunakan argument pengusiran setan di depan hukum.

Kasus ini lantas menjadi sorotan dunia, karena pertama kalinya ada orang yang membawa unsur mistis di hadapan kasus kriminal. Saking besarnya animo masyarakat kala itu, kasus ini sampai mendapat julukan sebagai ‘kasus iblis’.

Meski begitu, upaya Johnson untuk membela dirinya sendiri itu tak membuahkan hasil. Ia tetap dijatuhi hukuman penjara selama 10-20 tahun. Namun, Ia kemudian bebas lima tahun kemudian pada 1986.

Johnson kemudian dihadirkan dalam film dokumenter The Devil on Trial ini, untuk memberikan kisahnya yang berhubungan dengan mistis, sekaligus sebagai saksi kunci dalam kasus kematian Alan Bono pada 1981 silam.

Film dokumenter The Devil on Trial diproduksi dengan rangkaian reka adegan ulang, yang melibatkan sejumlah cast kenamaan, seperti Hannah Mae Beatty, Foster Hamilton, Adam Hunt, Kathy Rupcic, Victor Serfaty, Susannah Spearin, Raine Van Elsacker dan lain-lain.

Baca Juga :   Film Supranatural "A Haunting in Venice" dengan Michelle Yeoh akan Tayang pada 13 September 2023

Sinopsis The Devil on Trial

Setahun sebelum kasus kematian itu, Johnson bertunangan dengan kekasihnya, Debbie Glatzel. Keduanya lantas menyewa sebuah rumah untuk ditinggali bersama. Untuk membersihkan rumah barunya, mereka mengajak saudara laki-lakinya, David yang masih berusia 11 tahun.

Saat itu, David mengaku pada Johnson dan Debbie, bahwa dirinya melihat seorang pria tua di rumah itu. Menurutnya, pria itu berbisik tidak akan menerima mereka di rumah itu sebagai orang baru.

Tak lama setelah itu, David mengalami hal-hal tak biasa, seperti menendang, menggigit, meludah, dan mengumpat, bahkan saat dirinya sedang tidur di malam hari. Mengetahui itu, keluarga mereka yang merupakan penganut Katolik yang taat, langsung memanggil Lorraine dan Ed Warren.

Diketahui, kedua orang itu merupakan ahli dalam hal mistis, termasuk pengusir setan. Tokoh Lorraine dan Ed Warren juga muncul di beberapa serial The Conjuring.

Saat berupaya melepaskan iblis itu dari tubuh David, Johnson justru mengajukan diri untuk dirasuki oleh iblis tersebut, agar David terbebas.

Begitu David terlepas dari iblis jahat itu, seketika Johnson juga mulai menunjukkan hal tak biasa. Ia kerasukan dan lantas memacu mobilnya dengan kencang hingga menabrak pohon.

Singkat cerita, pada Februari 1981, Johnson dan Debbie bekerja di tempat Alan Bono. Suatu hari, Alan Bono mengajak karyawannya itu untuk makan siang.

Namun, tak sengaja Johnson dan Alan terlibat perseteruan kecil yang membuat Johnson naik pitam. Dibbie berusaha melerai namun tak berhasil.

Entah bagaimana perseteruan mereka, tiba-tiba Alan Bono ditemukan tewas tergeletak dengan luka tusukan amat mengerikan. Di dekatnya, juga ada sebilah pisau yang selalu dibawa oleh Johnson.

Wajar saja, Johnson kemudian didakwa sebagai pelaku pembunuhan bosnya itu. Namun, di persidangan ia membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa dirinya sedang dirasuki saat kejadian itu.