Shin Tae-yong Tetap Menjadi Pelatih Utama dalam Latihan Pertama Timnas Indonesia di Surabaya

suroboyo.id – Shin Tae-yong, pelatih kepala tim nasional Indonesia, akan memimpin latihan perdana skuad Garuda di Surabaya menjelang periode FIFA Matchday pada September 2023.

Sebagaimana kita ketahui, Shin Tae-yong tengah menghadapi jadwal yang padat karena dia bertanggung jawab atas timnas senior dan timnas U-23 Indonesia, yang harus bersaing dalam kompetisi internasional yang sama-sama berlangsung.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan bermain dalam periode FIFA Matchday pada September 2023. Dalam rangkaian pertandingan ini, skuad Garuda akan menghadapi Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada tanggal 8 September 2023.

Sementara itu, timnas U-23 Indonesia juga akan menghadapi ajang internasional. Tim Merah Putih akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo, pada 6-12 September mendatang.

Dengan jadwal padat ini, Shin Tae-yong sebelumnya mengaku akan fokus ke timnas U-23 Indonesia.

Bahkan untuk timnas Indonesia yang bakal tampil di Surabaya bakal ditangani oleh asisten pelatih Shin Tae-yong, Choi In-cheul.

Meski begitu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengatakan bahwa Shin Tae-yong tak akan langsung lepas tangan.

Sumardji memastikan pelatih asal Korea Selatan ini bakal tetap menukangi timnas Indonesia. Ia memastikan Shin Tae-yong akan memimpin latihan perdana timnas Indonesia di Surabaya pada 4 September 2023.

Sebab para pemain timnas senior ini telah dipanggil dan semua pemain harus sudah berkumpul di TC Surabaya sejak 4 September mendatang.

“Untuk timnas senior, kita kumpul tanggal 4 di Surabaya,” ujar Sumardji kepada awak media di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

“Nanti hari pertama, Coach Shin langsung yang akan pimpin latihan perdananya,” ujarnya. Lebih lanjut, Sumardji mengatakan bahwa pelatih berusia 54 tahun itu bakal bolak- balik.

Baca Juga :   Hasil Pertandingan AC Milan vs Frosinone: Rossoneri Menang 3-1 dengan Performa Gemilang

Shin Tae-yong dipastikan akan bolak-balik dari Surabaya, Jawa Timur menuju ke Solo, Jawa Tengah.

Hal ini karena mantan pelatih timnas Korea Selatan juga harus fokus menukangi timnas U-23 Indonesia yang bakal berlaga di Solo.

Dalam ajang ini, timnas U-23 Indonesia bergabung dalam Grup K bersama Taiwan dan Turkmenistan U-23. Skuad Garuda Muda akan menghadapi Taiwan pada Sabtu (9/9/2023). Kemudian menghadapi Turkmenistan U-23, Selasa (12/8/2023).

Situasi ini pun memastikan, Shin Tae-yong bakal bolak-balik dari Surabaya ke Solo. Hal ini karena, timna senior akan melawan Turkmenistan lebih dulu pada FIFA Matchday tanggal 8 September 2023.

Untuk itu, Shin Tae-yong akan ke Surabaya terlebih dahulu.

Setelah itu, pelatih asal Negeri Ginseng tersebut harus kembali ke Solo untuk memimpin timnas U-23 Indonesia menjalani persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

“Lanjut, nanti Coach Shin tanggal 5 akan ke Solo, selanjutnya nanti tanggal 7 malam akan (kembali) ke Surabaya,” kata Sumardji.

“Karena tanggal 8 kan pertandingan (lawan Turkmenistan) di GBT Surabaya,” tuturnya.

Meski begitu, Shin Tae-yong sebelumnya mengaku tetap fokusnya akan ke timnas U-23 Indonesia. Ia hanya akan memimpin latihan perdana timnas senior di Surabaya dan hanya mendampingi saat pertandingan.

“Saya akan lebih cenderung fokus ke timnas U-23 Indonesia,” kata Shin Tae-yong di Bekasi, Rabu (30/8/2023).