Berita  

Ridwan Kamil Berjumpa dengan Prabowo Setelah Pertemuan dengan Megawati

suroboyo.id – Ridwan Kamil, yang belakangan sering disebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2024, baru-baru ini mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada Rabu malam tanggal 13 September 2023.

Sebelumnya, Kang Emil, julukan akrab Ridwan Kamil, juga telah bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Kedua pertemuan tersebut menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan pembicaraan terkait posisi cawapres dalam Pilpres mendatang.

Prabowo, yang juga merupakan calon presiden (capres) potensial dalam Pilpres 2024, memposting foto pertemuan makan malamnya dengan Kang Emil di akun Instagramnya pada Kamis, 14 September 2023.

Dalam unggahannya, Prabowo menulis, “Tuang sareng Kang Emil, hatur nuhun kanggo oleh-oleh cilokna. Raos Pisan (Makan bareng Kang Emil, terima kasih atas oleh-oleh ciloknya. Enak banget).”

Ada beberapa slide foto dalam unggahan itu. Prabowo terlihat mengenakan kemeja lengan panjang warna putih, sementara Kang Emil mengenakan kemeja kotak-kotak hitam putih dan dibalut jaket hitam. Mereka terlihat menikmati makan seraya berbincang berdua. Keduanya tampak antusias.

Diketahui, Prabowo merupakan bakal capres dari Partai Gerindra yang mendapat dukungan dari Golkar, PAN, PBB, Garuda serta Gelora yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Hingga saat ini, KIM belum memiliki bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo.

Sebelumnya, Kang Emil yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini sempat bertemu dengan Megawati. Kang Emil mengakui telah beberapa kali sering berkomunikasi dengan pimpinan partai berlambang banteng tersebut.

“Ya di waktu-waktu lalu, sudah lama,” kata Kang Emil di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Meski begitu, Kang Emil menampik jika pertemuannya dengan Megawati membahas soal politik menuju Pilpres 2024.

Baca Juga :   Jokowi Tetapkan Aturan Baru Perhitungan Upah Buruh untuk Tahun 2024

“Dengan Bu Mega itu salah satunya kan kami lagi membangun monumen Bung Karno, di mana saya ikut mensupervisi melaporkan bahwa sudah 70 persen monumennya. Jadi komunikasi iya, tapi tidak melulu tentang perpolitikan,” jelas suami Atalia Praratya itu.

Sama halnya dengan koalisi pendukung Prabowo, partai politik koalisi pendukung bakal capres Ganjar Pranowo belum memutuskan nama bakal cawapres. Ganjar didukung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo.

Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Ahmad Basarah, tak menutup pintu untuk Kang Emil menjadi pendamping Ganjar. Basarah menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada keputusan soal siapa kandidat cawapres pendamping Ganjar. Dia menyebut situasi saat ini masih dinamis.

“Sejauh ini yang saya ketahui posisi bacawapres Pak Ganjar itu masih dinamis,” kata Basarah saat ditemui di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Soal sosok Kang Emil, Basarah menilainya sebagai kepala daerah yang sukses dalam memimpin Provinsi Jawa Barat. Dia pun menyatakan Kang Emil termasuk sebagai salah satu kandidat yang dipertimbangkan partainya.

“Dinilai juga sukses memimpin Jawa Barat satu kandidat yang masuk dalam pertimbangan-pertimbangan tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Partai Golkar memastikan tetap mendukung Prabowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024. “Ya sampai sekarang kita masih dalam posisi mendukung Pak Prabowo dan belum berubah,” kata Ketua DPD Golkar Jawa Timur Muhammad M Sarmuji saat diwawancara setelah berbicara di acara peluncuran Buku ‘Prabowo Sang Pemersatu Bangsa’ di Rumah Besar Relawan Prabowo di Slipi, Jakarta, Senin, 11 September 2023.

Sarmuji menyatakan bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sudah dimandatkan oleh rapimnas untuk memimpin koalisi, negosiasi, dan kemana arah koalisi.

Baca Juga :   Tentang Isu Kemungkinan Duet dengan Ganjar di Pilpres, Prabowo Memberikan Tanggapan Ini

“Jadi kemana Pak Airlangga Hartarto menentukan, ke situlah mandat itu sudah diberikan dan Pak Airlangga Hartarto sudah memilih koalisi bersama Pak Prabowo Subianto. Jadi posisi kita ‘clear’ di situ,” lanjut Sarmuji.