Pujian Prabowo kepada Menteri Koordinator Tanpa Sebut Nama Mahfud MD

suroboyo.id – Calon Presiden nomor urut 2 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, tidak menyebut nama Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan pujian kepada Menteri Koordinator (Menko) Kabinet Indonesia Maju.

Dalam konteks empat Menko di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Prabowo hanya memuji tiga nama tanpa menyertakan Mahfud MD.

Prabowo memulai dengan menceritakan secara singkat bagaimana ia bergabung dengan pemerintahan Jokowi setelah menjadi rival dalam dua periode Pilpres. Beliau menyatakan bahwa keputusannya untuk menjadi Menteri Pertahanan saat ini diyakininya sebagai pilihan yang tepat.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku mendapat banyak pelajaran dari Jokowi dan para menteri di kabinet selama 4 tahun terakhir.

“Saya lihat bagaimana Menko-menko bekerja. Saya lihat Menko antara lain [Menko Marves] Pak Luhut Binsar Pandjaitan,” kata Prabowo dalam acara deklarasi Pandawa Lima untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (1/12).

Prabowo menyebut dirinya dan Luhut diibaratkan karakter kartun populis, Tom and Jerry. Pasalnya, kata Prabowo, sama-sama memiliki watak yang mirip lantaran terlahir dari militer.

Kemudian ia menyampaikan pujiannya untuk dua Menko Jokowi yang lain yaitu Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Muhadjir adalah nonpartai, sementara Airlangga merupakan Ketua Umum Golkar yang menjadi salah satu pengusungnya sebagai capres dalam Pilpres 2024.

“Yang ingin saya katakan, saya menjadi saksi betapa keras bekerjanya Pak Jokowi, Pak Luhut, Menko-menko yang lain, Pak Muhadjir, Pak Airlangga, saya melihat, saya saksi gimana mereka bekerja begitu keras,” ujar Prabowo.

Belum ada penjelasan dari Prabowo maupun timnya apakah Capres nomor urut 2 itu lupa atau sengaja tidak menyebutkan nama Mahfud di dalam sambutannya tersebut.

Adapun Mahfud merupakan rival Prabowo dalam Pilpres 2024. Mahfud menjadi cawapres nomor urut 3 dan berpasangan dengan Ganjar Pranowo.