in

Proyek Mega Moon Rocket NASA Dilanjutkan, Beberapa Detail Disembunyikan?

Nasa Lakukan pengujian Rocket ke Bulan
NASA Lakukan pengujian Rocket ke Bulan

Suroboyo.id – Roket mega bulan baru NASA, Space Launch System (SLS), selangkah lebih dekat untuk mencapai bintang-bintang Rabu (6 April) dengan menyelesaikan apa yang dikenal sebagai gladi resik basah , di mana badan tersebut memuat tangki kendaraan dengan bahan bakar kriogenik. dan simulasi hitung mundur dalam persiapan untuk lepas landas.

Sementara NASA menyiarkan video langsung dari pengujian di situs webnya, banyak detail penting tentang acara tersebut dirahasiakan, seolah-olah karena alasan yang berkaitan dengan keamanan nasional.

Tetapi apakah sebagian besar detail ini benar-benar perlu dirahasiakan? Inilah yang kami ketahui tentang keputusan agensi untuk menjadi sangat rahasia, dan mengapa tidak semua orang membeli alasan yang mereka nyatakan.

Apa itu latihan gaun basah?

Untuk mengantisipasi penerangan kendaraan peluncuran raksasa barunya , yang ketika ditutup oleh kendaraan kru Orion berdiri setinggi 322 kaki (98 meter), lebih tinggi dari Patung Liberty, NASA perlu menguji semua berbagai komponen SLS.

Baca Juga: Baru 6 Bulan Beroperasi, Shopee Putuskan Hengkang dari Market India

Selama gladi bersih tanpa awak, badan tersebut memuat tangki roket dengan hidrogen cair dan oksigen cair yang sangat dingin — yang bila digabungkan menghasilkan daya dorong yang kuat untuk mengirim kendaraan ke luar angkasa — dan mempraktikkan berbagai skenario dalam persiapan untuk lepas landas.

“Uji coba berlangsung sekitar dua hari dan meniru hitungan mundur peluncuran kami,” kata Charlie Blackwell-Thompson saat konferensi pers pada Selasa, 29 Maret. Blackwell-Thompson adalah direktur peluncuran program Artemis NASA, yang bertujuan untuk akhirnya mendaratkan wanita pertama. dan orang pertama berwarna di bulan.

Insinyur memantau suhu dan tekanan di dalam tangki selama latihan, mengambil data sepanjang waktu yang akan membantu mereka begitu roket siap untuk penerbangan debutnya. Mereka juga berlatih melalui beberapa urutan hitung mundur yang berbeda, sekali ke T-minus 1 menit dan 30 detik, kedua kalinya hingga 33 detik sebelum peluncuran, dan akhirnya turun ke T-minus 10 detik sebelum peluncuran.

Ini memungkinkan pengontrol peluncuran untuk mensimulasikan berbagai situasi di mana peluncuran mungkin harus dibatalkan – atau “digosok” – karena masalah teknis atau terkait cuaca, kata para pejabat selama pengarahan 29 Maret.

Mengapa fakta kunci dirahasiakan?

Sementara NASA berbagi pencapaian tertentu tentang gladi bersih pakaian basah di media sosial, agensi tersebut dilarang mendiskusikan setiap detail karena kekhawatiran atas Peraturan Lalu Lintas Internasional (ITAR), Tom Whitmeyer, administrator asosiasi agensi untuk pengembangan sistem eksplorasi umum, mengatakan kepada wartawan. saat jumpa pers.

ITAR adalah rezim peraturan yang membatasi pembagian informasi tentang senjata dan teknologi dengan cara yang dapat membahayakan keamanan nasional AS atau kebijakan luar negeri, menurut Departemen Luar Negeri AS(terbuka di tab baru).

“Kami sangat sensitif terhadap kendaraan peluncur kriogenik dengan ukuran dan kemampuan ini,” kata Whitmeyer kepada wartawan. “Mereka sangat analog dengan kemampuan tipe balistik yang sangat diminati negara lain.”

Secara khusus, negara asing yang bermusuhan mungkin ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang hal-hal seperti “waktu, urutan, laju aliran, suhu,” tambahnya. “Apa pun yang akan membantu mereka atau orang lain yang dapat digunakan untuk melakukan hal serupa,” artinya membangun rudal raksasa dan berpotensi mematikan.

Interaksi kompleks yang terlibat dalam memuat tahap roket inti SLS dan tahap atasnya pada saat yang sama menjadi perhatian khusus, kata Whitmeyer. “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tertentu – itu dianggap sebagai informasi penting oleh negara lain,” tambahnya. “Jadi kita harus berhati-hati saat berbagi data, terutama untuk pertama kali.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.