Pengukuhan PPDI Peterongan, Bupati Jombang Tekankan Sinergitas

  • Bagikan
ppdi jombang
Prosesei pengukuhan pengurus PPDI Kecamatan Peterongan Jombang.

JOMBANG, Suroboyo.id — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Bersama Drs. Purwanto MKP Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang, para Kepala OPD terkait menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Peterongan, Dwi Purnomo bersama seluruh pengurus PPDI di Pendopo Kecamatan Peterongan, Selasa (11/01/2022)

Tampak hadir juga di Pelantikan dan Pengukuhan PPDI Kecamatan Peterongan, oleh Teguh Wahyudi Ketua PPDI Kabupaten Jombang tersebut antara lain Camat dan Forkopimcam setempat, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jombang; Ketua dan Pengurus PPDI Kecamatan Peterongan; Perangkat Desa se-Kecamatan Peterongan.

Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Jombang, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengawali sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru PPDI Kecamatan Peterongan.

PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) sebagai motor penggerak pemerintahan yang ada di tingkat desa diharapkan dapat membantu Kepala Desa untuk melaksanakan program pembangunan di desa lebih bagus lagi. PPDI juga diharapkan sebagai wadah Perangkat Desa guna mempererat tali silaturahmi dan saling mengenal antara perangkat desa se Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab berharap agar Perangkat Desa mengoptimalkan potensi desa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Optimalisasi potensi desa dapatnya disinkronkan dengan program pemerintah.

“Mari kita satukan tekad menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa. Perangkat desa harus memahami pelayanan, karena perangkat desa adalah pemberi kepada masyarakat. Perangkat desa harus memiliki inovasi, sehingga desa bisa tumbuh dan berkembang, kemudian dapat mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan di desa” , tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati juga mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, perangkat desa bertanggung jawab kepada Kepala Desa, maka dalam menjalankan pemerintahan harus selalu koordinasi dan membantu tugas-tugas Kepala Desa dalam upaya membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan pelayanan, perangkat desa harus responsif terhadap permasalahan warganya. Untuk itu perangkat desa harus bisa mengambil peran, inisiatif, kreatif, inovatif untuk menyelesaikan permasalahan dimasyarakat.

keberadaan PPDI dapat meningkatkan kinerja pemerintahan desa. Jika kinerja perangkat desa bagus, akan berdampak positif bagi masyarakat dan akan berdampak pada kesejahteraan dan kemajuan desa. Seluruh Kepala Desa dan perangkat desanya, agar bersatu padu dan bekerja sama melayani masyarakat dengan baik, agar dapat menjadikan desa yang lebih mandiri dan berdaya saing.

Penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan di desa ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

“Saya menghimbau pengurus terpilih, agar memahami peraturan undang-undang yang terkait dengan perangkat desa, di antaranya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, PP 11 Tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6, Kemendagri Nomor 84 Tentang SOTK Pemerintahan Desa, Kemendagri Nomor 67 Tahun 2017, dan Kemendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Karena memahami aturan merupakan salah satu jalan untuk membatasi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, agar tidak bermasalah dengan hukum”, tuturnya.

Bupati Jombang juga berpesan agar Perangkat Desa di Jombang tidak berseberangan dengan kebijakan pemerintah dalam hal kepegawaian dan pekerjaan. Apapun kebijakan, visi dan misi pemerintah Kabupaten Jombang, harus kita dukung 100%. Untuk itu PPDI diharaokan untuk terus meningkatkan kapasitas SDM, dengan memberikan pelatihan.

“Hari ini Pengurus PPDI Kecamatan Peterongan resmi dilantik. Pasti harapan saya, pengurus PPDI Kecamatan Peterongan memiliki komitmen untuk memajukan organisasi dalam rangka memajukan desa dan Kabupaten Jombang ke arah yang lebih baik lagi, sehingga terwujud Jombang yang Baldatun Thoyyibatun Warabun Ghofur. keberadaan PPDI Cerdas Tepat dalam menyelesaikan masalah apapun, akan mampu mensejahterakan masyarakat. Mudah-mudahan pembangunan yang ada di desa terus lancar dan lebih bagus lagi, karena PPDI memiliki regulasi yang jelas. Segera lakukan konsolidasi anggota, jangan pernah ada masalah antar pengurus atau anggota, lewat PPDI mari saling bekerja sama, jalin komunikasi yang baik dengan Kades, BPD hingga Camat. Sehingga bisa bersinergi dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Jombang”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Terlaksananya pelantikan ini diharapkan perangkat desa se Kecamatan Peterongan dapat lebih bertindak dalam melakukan tanggung jawab sebagai pendobrak, pelopor, dan penggerak untuk melayani masyarakat.

Pemkab Jombang membutuhkan dukungan semua dukungan, sinergi dan kerjasama dengan Pengurus dan Anggota Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Peterongan demi mendukungnya tercapai visi bersama mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing, pungkas Bupati Jombang.

Teguh Wahyudi Ketua PPDI Kabupaten Jombang dalam sambutannya menjelaskan tentang kegiatan dan program yang telah dilaksanakan oleh PPDI Kabupaten Jombang yang telah dilantik pada 2019 lalu . PPDI Kabupaten Jombang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jombang, kini seluruh perangkat desa telah mencakup BPJS Ketenagakerjaan.

Di tingkat Provinsi Jawa Timur PPDI telah berjuang untuk Kades dan Perangkat agar juga mendapat alokasi tunjangan dari APBD Provinsi. “Insyaallah, apa yang kita perjuangakan ini semoga direalisasinya ditahun mendatang”, pungkas Teguh Wahyudi. (dka)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *