Bupati Jombang Menerima Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Di Kota Santri

- 21 Januari 2022 | 21:51
Pertemuan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di pondok pesantren Tebuireng Jombang.

JOMBANG, Suroboyo.id — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tujuan kunjungan yang pertama adalah  ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jumat (21/1/2022) sore.

Rombongan Kang Emil memasuki ponpes Tebuireng sekitar pukul 14.15 WIB. Kedatangan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, disambut oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, bersama Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, serta Forkopimda Jombang dan sejumlah Kepala OPD terkait dan puluhan santri Himpunan Santri Pasundan (Hispa) asal Jawa Barat.

Selanjutnya rombongan diterima di Ndalem Kasepuhan Tebuireng melakukan ramah tamah. Usai ramah tamah, Kang Emil melakukan ziarah ke makam Gus Sholah, Gus Dur, dan Hasyim Asyari di Komplek Makam Ponpes Tebuireng. Di makam tiga tokoh bangsa itu, Ridwan Kamil memanjatkan doa dan tabur bunga.

Disampaikan oleh Kang Emil bahwa, kunjungannya ke Jawa Timur, selain ziarah, juga terkait adanya perjanjian kerja sama antara dirinya dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. “Ada dua perjanjian besar antara Pemprov Jabar dan Pemprov Jatim, terkait perdagangan dan UMKM,”tuturnya.

“Setelah itu, tentulah saya mau mengunjungi dan ziarah ke tempat sejarah, asal usul Nahdlatul Ulama. Karena saya juga bagian dari Nahdlatul Ulama di Jawa Barat. Kakek saya pengurus NU dan laskar Hizbullah pada zamannya,” tambah Kang Emil.

Menurut Gubernur Jabar, menyambungkan tali sejarah itu penting. Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah. “Termasuk katakan, NU di republik ini harus diketahui oleh generasi-generasi muda, jangan sampai dihilangkan dari narasi-narasi pendidikan formal. Nah, kehadiran saya juga untuk mendukung itu,” ujar Gubernur Jabar.

Kang Emil berharap kunjungannya ini menguatkan hubungan antara Provinsi Jabar dan Jatim serta kekuatan NU yang harus terus menjadi obor dalam menjaga NKRI, termasuk juga mendukung program-program UMKM.

Selain melakukan kunjungan silahturahim dengan Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng, Kang Emil juga melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Jatim.

Kang Emil diterima oleh Keluarga Besar Pengasuh Pondok Pesantren Tambakberas dan disambut oleh para santri asal Jawa Barat. “Terimakasih telah menerima dan memberikan ilmu yang manfaat bagi santri asal Jawa Barat. “, tuturnya.

Kang Emil juga menyampaikan pentingnya Dakwah Digital ditengah Pendemi Covid19. Dirinya mengaku dampak dari dakwah digital sangat luar biasa, kini banyak anak muda yang ingin menimba ilmu ke Pesantren karena minatnya sendiri.

Di Tambakberas Kang Emil juga melakukan ziarah ke area makam Pahlawan Nasional KH. Abdul Wahab Hasbullah. Selanjutnya lepas dari Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang Jatim, rombongan Gubernur Jawa Barat menuju ke Surabaya.(*)

Topik

Baca Juga

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.