Penampilan Mengejutkan Girona FC di Awal Musim La Liga 2023/2024: Apa Rahasianya?

suroboyo.id – Musim 2023/2024 telah menjadi panggung bagi beberapa tim Eropa yang mungkin tidak sebesar Bayern Munich, Manchester City, atau FC Barcelona, namun berhasil menjadi kuda hitam di liga domestik mereka. Contoh nyata adalah Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman dan Girona FC di La Liga Spanyol.

Girona FC adalah salah satu dari empat tim yang hingga saat ini belum terkalahkan di La Liga. Tim ini dimiliki oleh City Football Group dan telah tampil sangat mengesankan. Pertanyaannya adalah, bagaimana tim asal Katalan ini bisa mencapai kesuksesan tersebut hingga pekan keenam?

Menurut laporan dari kanal YouTube GL NEWS yang diunggah pada 25 September 2023, banyak penggemar sepak bola yang mungkin merasa terkejut melihat penampilan luar biasa Girona FC.

Tim ini kembali bermain di La Liga pada musim 2022/23 setelah beberapa waktu absen, dan penampilan mereka begitu mengesankan.

Hingga pekan keenam, Girona FC menduduki peringkat kedua dalam klasemen La Liga dengan raihan 16 poin, jumlah yang sama dengan FC Barcelona, meskipun mereka kalah dalam produktivitas gol.

Hal yang menarik dari Girona FC saat ini adalah, belum terkalahkan dan produktivitas gol yang diciptakan.

Meski tidak diperkuat pemain top Eropa, mereka sudah mencetak 16 gol di La Liga. Jumlah tersebut sama dengan gol yang dibuat FC Barcelona hingga pekan keenam La Liga. Bahkan melawan Real Mallorca, serangan yang dibuat mereka pun membuat takjub GL NEWS.

Selain mentalitas yang kuat dari pemainnya, serangan yang dibuat Girona FC sangat berbahaya bagi Real Mallorca.

Mereka bukan tim yang tipikalnya penguasaan bola, tapi mengandalkan serangan cepat yang membutuhkan penyerang sayap yang lincah.

Baca Juga :   Hasil La Liga: Antoine Griezmann Cetak Gol Penalti, Atletico Madrid Menang 2-1 atas Real Sociedad

Salah satunya adalah penyerang sayap asal Brazil berusia 19 tahun, Savio untuk posisi sayap kiri dan gelandang tengah asal Venezuela, Yangel Herrera.

Sukses sebagai pemilik Manchester City, Sheikh Mansour melebarkan bisnis kepemilikan tim sepak bola di berbagai negara melalui perusahaannya, City Football Group.

Mulai dari New York City Football Club pada 2013, Melbourne City Football Club dan Yokohama F Marinos pada 2014. Girona FC baru dibelinya pada 2017 dengan persentase saham sebesar 44,3 persen.

Sedangkan 44,3 persen lainnya dimiliki oleh Girona FC yang dikelola oleh saudara dari Pep Guardiola, yaitu Pere Guardiola.

Sempat degradasi pada musim 2018/19. Namun kembali lagi bermain di La Liga pada musim 2022/23.

Berkat bantuan City Football Group, Girona FC berhasil menduduki peringkat sepuluh klasmen akhir La Liga musim 2022/23.

Dengan persiapan yang lebih matang, Girona berhasil menempatkan timnya menduduki peringkat atas La Liga. Hal ini merupakan pencapaian terbaik sepanjang sejarah tim Girona FC.

Menurut GL NEWS, kesuksesan Girona FC juga tidak lepas dari bantuan dari FC Barcelona dan Manchester City.

Pasalnya, empat tambahan pemain dari Girona FC merupakan dari FC Barcelona dan Manchester City di transfer musim panas 2023 kemarin.

Ada Yangel Herrera dan Yan Couto yang merupakan pemain pinjaman dari Manchester City. Sedangkan dari Blaugrana, Eric Garcia dan Pablo Torre didapatkan melalui status peminjaman.

Dengan mencetak 16 gol di pekan keenam La Liga musim ini, Girona FC tidak mengandalkan permainan individu untuk mencetak gol, semua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk mencetak gol.

Tercatat Yangel Herrera, gelandang tengah tersebut mencatatkan tiga gol. Sedangkan empat pemain lainnya seperti Artem Dovbyk, Cristhian Stuani, Savio, dan David Lopez masing-masing mencetak dua gol.

Baca Juga :   Inilah Daftar Pemain yang Menolak Berlatih Demi Keinginan Pindah Klub, Ada Matheus Nunes Simak Disini

Mengingat dimiliki oleh City Football Group dan dikendalikan oleh saudara dari Pep Guardiola, tidak mengherankan jika suatu saat nanti Girona akan sejajar dengan FC Barcelona, Real Madrid, hingga Atletico Madrid.

Dengan koleksi lima kali menang dan sekali imbang, tim ini punya potensi besar. Namun, tantangan yang lebih besar akan dihadapinya saat bersua Villarreal dan Real Madrid di lanjutan La Liga musim ini. Bukan hal yang tidak mungkin mengingat Girona FC pernah kalahkan Real Madrid dengan skor 4:2.