Pemkot Surabaya Tingkatkan Upaya Cegah Bunuh Diri dalam Peringatan Hari Ibu

suroboyo.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan terus meningkatkan upaya pencegahan bunuh diri, khususnya dalam memperingati Hari Ibu pada Jumat (22/12/2023). Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menegaskan bahwa pembangunan kota sangat bergantung pada peran ibu.

Eri Cahyadi, dalam pernyataannya setelah upacara di Balai Kota Surabaya, mengungkapkan bahwa peran ibu sangat penting dalam membentuk karakter anak-anak yang mencintai negara dan memiliki akhlakul karimah.

Menurutnya, hal ini akan secara otomatis menciptakan jiwa kesetiakawanan dan persahabatan pada anak-anak, yang pada akhirnya akan membentuk pemuda tangguh untuk mewujudkan perubahan menuju kesejahteraan Kota Surabaya yang didasarkan pada gotong-royong.

Wali Kota Surabaya berharap agar fenomena bunuh diri yang belakangan ini marak terjadi, terutama yang melibatkan ibu dan anak, bahkan sekeluarga, tidak akan terjadi di Surabaya.

Upaya pencegahan bunuh diri menjadi fokus dalam rangka memperingati Hari Ibu sebagai bentuk perhatian terhadap kesejahteraan keluarga di Kota Surabaya.

Pemkot, lanjutnya, akan menguatkan pendampingan khususnya bagi ibu dan anak serta perempuan.

“Kita gerakkan dengan pendampingan menunjukkan Surabaya dibangun dengan gotong-royong dan guyub-rukun,” jelasnya.

Termasuk melakui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang dijalankan di setiap Balai RW, akan digencarkan untuk mendengar keluhan ibu melalui psikolog.

“Kita juga punya aplikasi yang digunakan ibu dan perempuan nanti akan didampingi psikolog. Itu usaha pemkot untuk memberi perlindungan ibu dan anak itu yang akan ubah Surabaya jadi lebih baik,” terangnya.

Sementara Rini Indriyani Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Surabaya berkomitmen akan menyeimbangkan penguatan untuk ibu maupun ayah.

“SOTH bagaimana menguatkan seorang ibu itu kan madrasah pertama anak-anak. Jadi, kalau kuat psikologis dan ilmu itu bisa terhindar (dari bunuh diri). Selain itu penguatan ayah, ketika ibu bahagia disupport suami arahan dari suami benar, anak-anak juga akan hebat,” terangnya.

Ia minta para ibu terus memupuk semangat demi keluarga.

“Selamat Hari Ibu semua ibu hebat di Surabaya. Tetap jadi ibu luar biasa buat keluarga dan putra-putrinya. Semangat terus,” tandasnya.