Pemkot Surabaya Sajikan Air Mineral dan Dukung Pengurangan Plastik melalui Inisiatif Isi Ulang dan Pengolahan Botol Bekas

suroboyo.id – Pada bulan November 2023 mendatang, Pemerintah Kota Surabaya akan memperkenalkan air mineral kemasan baru bernama HE2O, atau disebut juga Hero. Langkah ini akan diiringi oleh upaya untuk mendukung kesehatan masyarakat serta lingkungan melalui langkah-langkah inovatif.

Selain meluncurkan produk air mineral baru, Pemkot Surabaya juga memiliki rencana untuk memfasilitasi akses kepada alat isi ulang yang akan tersebar di lokasi-lokasi umum secara gratis. Selain itu, mereka juga berencana untuk membeli botol plastik bekas kemasan melalui bank sampah sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi dampak plastik terhadap lingkungan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menjelaskan bahwa HE2O tidak hanya mengutamakan kesehatan masyarakat, tetapi juga mengampanyekan gerakan peduli lingkungan. Air mineral ini akan tersedia dalam berbagai kemasan, termasuk galon dan botol plastik berukuran 330 ml dan 600 ml.

Dalam konteks ini, Pemkot Surabaya akan menyediakan fasilitas alat isi ulang untuk galon dan botol, dengan tujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam gerakan pengurangan penggunaan plastik.

Langkah ini sejalan dengan upaya global untuk mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan, dengan mendorong individu untuk membawa botol atau galon sendiri sebagai bagian dari upaya kolektif mengurangi limbah plastik.

“Alat isi ulang yang tadi untuk tumbler, galon juga, untuk minum akan kita letakkan di Sentra Wisata Kuliner (SWK) dan rusun-rusun,” kata Eri usai soft launching air mineral Hero di Rumah Pompa Putat Gede, Senin (28/8/2023).

Meski belum menyeluruh di semua titik, beberapa alat akan mulai disebar November mendatang. Bersamaan dengan peluncuran air mineral Hero.

Untuk mengatasi bertambahnya sampah plastik dari kemasan air mineral Hero, Eri menyebut sudah disiapkan kerja sama dengan pabrik yang mendaur ulang. Mekanismenya, masyarakat bisa menukar atau menjual bekas kemasan itu ke bank sampah.

“Plastik khusus Hero ini akan dilakukan di bank sampah. Jadi hasilnya balik lagi ke warga Surabaya. Jadi uang pendapatan berputar. Dari kemasan ada, dari air ada,” tandasnya.

Diketahui, air mineral Hero itu hasil produksi PT ITS Surabaya Hebat, kolaborasi antara perusahaan komersial milik ITS dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).