PANxJakCloth Putaran 3: Meriahkan Surabaya dan Dorong Pertumbuhan UMKM

suroboyo.id – Pesta Anak Nongkrong (PAN) x Jak Cloth putaran tiga meriahkan kota Surabaya, Jawa Timur, dengan kolaborasi yang dilakukan antara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Jak Cloth.

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air, khususnya di Surabaya.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, hadir langsung dalam acara ini bersama dengan tokoh-tokoh seperti Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig, serta Raffi Ahmad dan kader PAN lainnya pada Minggu (24/12/2023). Zulhas menekankan bahwa UMKM memiliki peran penting sebagai fondasi utama ekonomi Indonesia.

Dalam konferensi pers PANxJakCloth di Surabaya, Zulhas menjelaskan bahwa lebih dari 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia disokong oleh UMKM. Selain itu, sekitar 90% tenaga kerja di Indonesia berasal dari sektor UMKM.

“Jadi kalau Indonesia ingin maju pada tahun 2045, yang menentukan apakah UMKM dapat berkembang atau tidak, untuk menguasai pasar lokal dan kemudian menyerbu pasar dunia,” ungkap Zulhas.

Zulhas menegaskan dirinya sebagai Ketum PAN maupun Menteri Perdagangan berkomitmen mendukung UMKM sepenuhnya. Baik melalui kebijakan maupun ajang pameran seperti PANxJakCloth ini.

“Kita juga bantu lewat pameran seperti JakCloth ini untuk mempertemukan (masyarakat dan UMKM). Ada sarana-sarana, UMKM bisa ikut. Mudah-mudahan event ini bisa membantu memajukan UMKM kita,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPW PAN DKI Jakarta yang akrab disapa Eko Patrio menerangkan PANxJakCloth telah memasuki putaran ketiga, setelah sebelumnya digelar di Semarang dan Bandung.

“Hari ini kita masuk ke kota ketiga di PAN x Jak Cloth alhamdulillah senang banget mudah-mudahan ini diapresiasi oleh anak-anak di Surabaya. Putaran 1 putaran 2 kita bikin acara kolaborasi disaksikan anak muda dari belahan Nusantara,” papar Eko.

Adapun pameran ini menjajakan produk-produk fesyen dan kuliner lokal. Tercatat ada 60 clothing brands dan 30 menu kuliner terlibat dalam gelaran ini. Selain itu. PANxJakCloth Surabaya pun dimeriahkan oleh penampilan musisi yang menggoyang panggung acara.

“Berharap bisa memberikan tontonan yang memberikan tuntunan,” ujarnya.
Sementara itu, Raffi Ahmad yang ikut hadir mengunjungi pameran ini turut mengapresiasi upaya yang dilakukan PAN untuk mendukung geliat UMKM Tanah Air.

“Saya sangat setuju dengan UMKM yang harus kita beri tempat dan support, karena UMKM itu kalau semua pada hidup maka ekonomi bangsa kita juga akan hidup lagi. Apalagi kemarin banyak yang habis COVID orang baru mulai dari nol, banyak yang tadinya putus asa kita harus jadi asa yang baru,” pungkasnya.