Berita  

DPRD Surabaya Tambahkan Dana Beasiswa Kuliah, Membuka Peluang Lulus Sarjana untuk Semua

suroboyo.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, melalui Wakil Ketua Fraksi PKS, Reni Astuti, mengumumkan penambahan anggaran untuk Beasiswa Pemuda Tangguh jenjang kuliah sebesar Rp 63 miliar. Keputusan ini membuka peluang bagi 3.500 mahasiswa untuk menerima manfaat dari program beasiswa tersebut.

Dalam penjelasannya, Reni menyatakan bahwa penerima beasiswa kuliah akan diprioritaskan untuk masyarakat Kota Surabaya yang membutuhkan atau kurang mampu, sehingga mereka dapat mengakses pendidikan tinggi tanpa kendala keuangan.

“Anggaran sudah kami siapkan, beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa yang sedang berkuliah serta kepada mereka yang baru memulai perjalanan kuliah atau mahasiswa baru pada tahun 2024,” ucap Reni dalam keterangan tertulis pada Jumat (15/12/2023).

Reni menegaskan bahwa bantuan biaya pendidikan ini akan mencakup mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan beberapa PTN lainnya yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Keputusan ini diharapkan dapat membuka pintu kesempatan pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat dan merangsang pencapaian gelar sarjana di Kota Surabaya.

“Karenanya, saya mendorong program ini bisa benar-benar sampai ke warga Kota Surabaya utamanya anak-anak yang membutuhkan, dari keluarga yang kurang mampu atau yang berprestasi di bidang keagamaan, olahraga, science, serta seni dan budaya,” jelasnya.

Reni menambahkan beasiswa merupakan strategi untuk memutus mata rantai kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Kita beri semangat dan dukung anak-anak Surabaya terus berprestasi demi menggapai cita-cita setinggi-tingginya. Siapapun dengan keterbatasan ekonomi sesungguhnya mereka bisa lulus sarjana dengan bantuan biaya dari pemerintah,” jelasnya.

Karena itu, Reni pun berpesan kepada para siswa untuk senantiasa giat dan tekun dalam belajar.

“Anak-anak Surabaya, yang sekarang kelas 10-11-12, atau bahkan yang SMP, para orang tua mari terus dukung putra-putrinya yang tengah SMP atau SMA untuk meningkatkan semangat belajar mereka,” imbaunya.

Baca Juga :   Tidak Mendukung Israel, Grab Indonesia dan OVO Memberikan Donasi Rp 3,5 Miliar untuk Warga Gaza

“Utamanya yang sekarang kelas 12, itu disiapkan betul apakah lewat jalur seleksi SNBP atau SNBT. Jadi, makin banyak anak-anak Surabaya yang diterima PTN maka bisa memanfaatkan beasiswa ini,” sambung Reni,

Reni mengatakan beasiswa ini bisa dimanfaatkan bagi keluarga yang tidak mampu atau kesulitan biaya dalam pendidikan.

“Siapapun, selama mereka mau belajar, orang tuanya perhatian dan terus support doa maka anak-anak ini nanti kelak bisa menempuh pendidikan tinggi dan jika ada kendala biaya bisa memanfaatkan program dari Pemkot,” terangnya.

Melihat antusiasme, harapan, serta animo positif dari masyarakat secara langsung, Legislator PKS itu pun mendorong agar anggaran beasiswa pemuda tangguh dapat terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah saat bertemu anak-anak, bertemu orang tua, mereka sampaikan terima kasih atas adanya beasiswa ini. Bukti kalau itu sangatlah membantu anak-anak makin giat belajar dan meringankan orang tua menyekolahkan putra-putrinya,” kata Reni.

“Harapannya Pemkot dapat meningkatkan anggaran beasiswa ini sebagaimana tahun lalu dan tahun ini ada kenaikan. Tentu kita juga perjuangkan melalui pembahasan-pembahasan di DPRD, baik di komisi D maupun di badan anggaran supaya beasiswa ini ditingkatkan dananya,” sambungnya.

Reni juga menilai beasiswa ini bisa menambah semangat dan harapan bagi anak-anak meraih impian.

“Jadi sebenarnya, mau anaknya sekarang masih SMP ya juga dikasih semangat. Nah, itu loh nanti kamu kalo besar bisa tuh kuliah dapat beasiswa. Jadi mulai menyiapkan sejak jauh,” ucap Reni.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, kuota beasiswa kuliah tersedia untuk 3.180 mahasiswa. Kali ini meningkat pada tahun 2024 sebanyak 3.500 penerima manfaat.

Untuk informasi dan keterangan terkait pembukaan, alur pendaftaran, serta detail persyaratan beasiswa kuliah, nantinya akan diberikan menyusul masa studi perkuliahan.