Berita  

Menteri Pertanian SYL Ungkap Kebijakan Hilirisasi Jokowi di Spanyol Sambil Rumah Dinasnya Digeledah oleh KPK

suroboyo.id – Sementara rumah dinasnya di Indonesia digeledah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), berada di Spanyol untuk menyampaikan kebijakan hilirisasi yang menjadi fokus pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Menurut keterangan resmi yang dirilis oleh Kementerian Pertanian pada Sabtu (29/9), SYL menjalani pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol, Luis Planas Puchades.

Dalam pertemuan tersebut, SYL mengungkapkan komitmen Presiden Jokowi dalam mempromosikan hilirisasi produk turunan berkualitas tinggi agar dapat bersaing baik di pasar domestik maupun internasional.

Ia menjelaskan, “Kami terus bekerja sama dengan asosiasi bisnis dan perusahaan swasta guna mewujudkan tujuan ini. Pada bulan lalu, kami telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Denmark untuk meningkatkan produksi susu dan keju organik.”

“Sementara di hortikultura, kami mendorong pengembangan dan komersialisasi produk herbal dari hulu ke hilir,” kata SYL.

Dalam kesempatan itu, Syahrul juga mendorong Pemerintah Spanyol membuka akses pasar produk hortikultura asal Indonesia secara luas.

Ia mengusulkan pembentukan tim kerja sama untuk merumuskan langkah konkret peningkatan nilai tambah dan daya saing produk hortikultura Indonesia agar bisa mendominasi pasar global.

Syahrul juga mendorong Luis agar membuat MoU dalam bentuk Joint Task Force untuk memajukan sektor pertanian kedua negara. Menurutnya, ada banyak aspek yang bisa dikerjasamakan antara Indonesia dan Spanyol.

“Termasuk dukungan Luis Planas dalam menghadapi ancaman krisis global yang diakibatkan oleh perubahan iklim, tekanan geopolitik global serta pemulihan ekonomi pasca pandemi,” katanya.

Sementara itu, rumah dinas Syahrul di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Jakarta Selatan digeledah KPK sejak Kamis (28/9) sore hingga Jumat (29/9) pagi. Syahrul terseret permintaan paksa atau pemerasan jabatan di kasus dugaan korupsi.

Baca Juga :   Firli Bahuri Pimpin Konferensi Pers Penetapan Tersangka Pj Bupati Sorong di KPK

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri belum memerinci alat bukti apa yang ditemukan dari penggeledahan tersebut.

“Benar, ada giat di sana. Giat sedang berlangsung. Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya,” kata Ali.

KPK diketahui sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). KPK sudah meminta keterangan sejumlah orang terkait, termasuk SYL.