Suroboyo.id – Mengenal sosok Marchella FP atau pemilik nama panjangnya yaitu Marchella Febritrisia Putri.

Marchella FP merupakan seorang penulis dari Indonesia. Ia mendapatkan pengakuan luas setelah menulis novel flash-fiction “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” pada tahun 2018 lalu.

Dari novelnya tersebut, Marchella FP mendapatkan sebuah penghargaan Penulis Terbaik tahun2019 dari IKAPI Awards 2019. Dari kesuksesan novelnya tersebut ia menjadi fenomenal global di Indonesia karena berhasil menjual sebanyak 120 eksemplar dan berada di jajaran 10 besar lebih dari 8 bulan lamanya.

Baca juga: Biodata dan Profil Rossa: Keluarga, Akun Sosial Media, dan Awal Perjalanan Karirnya

Perjalanan Karir Marchella FP

 Awal karier dan Generasi 90an (2012–2013)

Marchella sempat terjun ke industri kreatif sejak tahun 2008, serta menjadi seorang desainer grafis dan fotografer sampai tahun 2012.

Mulanya, ia menulis dan menggambar buku hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk cuti dari pekerjaan dan fokus untuk membuat karya.

Di era digital, Marchella menyadari bahwa jejak digital akan tertimbun secara perlahan-lahan. Sedangkan, jejak literasi selalu ada dan tetap tersimpan.

Hal tersebut menjadi alasan baginya untuk menciptakan buku. Diusung dengan teks berbahasa Indonesia, ia mengakui bahwa ia ingin terus membudayakannya sebagai identitas bangsa.

Pada tahun 2013, Marchella merilis buku perdananya Generasi 90an. Terbitnya buku ini berawal dari tugas akhir kuliahnya. Dari ketiga konsep tugas akhir yang ia tawarkan ke dosen pembimbingnya, akhirnya terpilih adalah konsep keduanya yaitu Generasi 90an: sebuah pengarsipan pop-culture dari Generasi Y dalam bentuk ilustrasi yang informatif dengan visual menarik.

Karyanya dalam tugas itu menjadi sebuah buku yang bertajuk Generasi 90an. Ia mencoba membawa hasil karyanya kepada para penerbit, tetapi ditolak oleh sejumlah penerbit besar dengan alasan bahwa segmentasinya terbatas dan bertema dewasa yang dianggap tidak akan laris. Ia mencoba mengirimkan naskahnya pada penerbit buku lain yakni KPG dan akhirnya diterima.

Buku pertamanya Generasi 90an terbit pada tahun 2013. Dalam kurun waktu satu setengah bulan, bukunya sukses naik cetak sebanyak tiga kali.

Pada tahun 2020, buku tersebut dibeli hak adaptasinya oleh rumah produksi Visinema Pictures dan dialihwahankan menjadi film berjudul Generasi 90an: Melankolia.

Baca juga: Biodata Afgan Syahreza: Agama, Karir, Hingga Sederet Prestasinya

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2018)

Pada tahun 2018 Marchella menerbitkan buku ketiganya bertajuk Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini berawal dari niat Marchella untuk menerbitkan buku dengan tema berbeda dari buku Generasi 90an.

Buku ini diterbitkan setelah melalui riset mendalam dan pengerjaan selama dua tahun.

Marchella mendapatkan pengakuan luas berkat kesuksesan buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini. Buku tersebut sukses terjual sebesar 50 ribu eksemplar selama satu bulan dan memasuki cetakan kesebelas.

Pada tahun 2019 ia berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai penulis terbaik tahun ini dari IKAPI Awards yang digelar dalam acara Indonesia International Book Fair. Marchella FP terpilih karena Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini sukses terjual 120 ribu eksemplar dan berada di jajaran 10 besar lebih dari 8 bulan lamanya.

Pada tahun 2019 setelah hak adaptasi bukunya dibeli oleh Visinema Pictures, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini diadaptasi menjadi bentuk serial web berjudul sama yang ditayangkan perdana pada 27 Oktober 2019 di YouTube dan terdiri atas 3 episode.

Selanjutnya buku tersebut dialihwahankan menjadi media film dengan judul sama yang resmi tayang pada tanggal 2 Januari 2020. Film tersebut ditonton oleh 2.256.908 orang di bioskop, dan menduduki peringkat kedua sebagai film Indonesia yang paling laris di tahun 2020, setelah Milea: Suara dari Dilan.

Adapun pada akhir tahun 2019, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini juga dialihwahankan dalam bentuk taman melalui proyek kolaborasi antara Bintaro Jaya Xchange Mall, Banten dan tim Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Taman tersebut menvisualisasikan karakter dan ilustrasi yang ada di buku.

 Baca juga: Biodata Teuku Ryan Istri Ria Ricis Mulai dari Pendidikan Hingga Fakta Menarik

Bisnis dan usaha

Pasca perilisan buku Generasi 90an, Marchella mendirikan perusahaan yang bergerak di industri kreatif dengan nama PT. Kebahagiaan Itu Sederhana yang berisikan sebuah media dengan nama “Generasi 90an”.

Memasuki tahun ketiga bisnis tersebut mulai goyah karena uang untuk menjalankannya dibawa kabur. Ia sama sekali tidak menerima iklan serta pemasukan dengan mencari investor, karena ingin tetap mempertahankan karya dan kreativitasnya tanpa campur tangan pihak lain.

Dengan menggunakan sisa uang sebesar belasan juta rupiah yang tak dibawa kabur, ia pun menyewa ruko dan mempekerjakan 2 orang untuk membantu bisnisnya selama 3 bulan.

Adapun ia juga menggunakan royalti dari penjualan buku pertama untuk mendirikan merek keduanya, dengan diberi nama Proud to Post It yang bergerak di bidang barang dagangan (merchandising).

Hampir semua pekerjaan dipegang langsung oleh dirinya dan dibantu oleh beberapa rekan. Ia membuat beragam merchandise dari buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini dan Kamu Terlalu Banyak Bercanda.

Beberapa kutipan andalan dari buku itu pun dikreasikan ke dalam berbagai bentuk. Mulai dari baju, kaos kaki, tas belacu (tote bag), enamel pin, pelindung telepon pintar (handphone casing), dan masih banyak lagi.