Suroboyo.id – Simak biodata lengkap dari penyanyi Rossa. Rossa adalah salah satu penyanyi kondang tanah air yang namanya masih melambung tinggi sampai saat ini.

Rossa lahir tanggal pada 9 Oktober 1978 dan sudah berkarir di dunia musik sejak tiga dekade lamanya. Namun, meskipun demikian kesuksesannya seolah semakin matang seiring dengan berjalannya waktu.

Awal karirnya, di tahun 1989 Rossa mulai melakukan sebagai penyanyi dengan melantunkan album Gadis Ingusan. Saat itu, usianya masih sangat belia sehingga fokus tema musik miliknya berkisar pada kehidupan anak-anak.

Baca juga: Biodata Afgan Syahreza: Agama, Karir, Hingga Sederet Prestasinya

Untuk lebih lengkapnya tentang biodata dan karir Rossa, Anda bisa menyimak artikel berikut ini hingga selesai. Berikut ini adalah biodata lengkap Rossa.

Biodata Rossa

Nama : Sri Rossa Roslaina Handiyani

Alias : Rossa

Agama : Islam

Tinggi : 155 cm

Berat : 44 kg

Hobi : Menyanyi

Pekerjaan : Musisi, presenter, produser

Tanggal Lahir : 9 Oktober 1978

Umur : 44 tahun

Tempat Lahir : Jawa Barat, Sumedang

Kependudukan : Indonesia

Ayah : Ukas Herawan, Ibu : Eni Kusmiani, Saudara : Hendro Nurcahyo

Anak : Rizky langit Ramadhan

Awards : Anugerah Planet Muzik 2018

Twitter : @mynameisrossa

YouTube : Rossa Official

Instagram : @itsrossa910

Facebook : Rossa

Aktif : 1988 – sekarang

Populer : Merilis album Nada-Nada Cinta

Pendidikan : Universitas Indonesia

Zodiak : Libra

TikTok : @rossa.official

Baca juga: Biodata Teuku Ryan Istri Ria Ricis Mulai dari Pendidikan Hingga Fakta Menarik

Perjalanan Karir Rossa

Saat itu, umur Rossa yang masih 10 tahun telah memulai debut pertamanya di dunia tarik suara. Dia mengeluarkan album perdananya yang bertajuk Gadis Ingusan di tahun 1988. Kemudian pada tahun 1990, kembali merilis album keduanya bertajuk Untuk Sahabat.

Sayangnya kedua album itu belum mendapat perhatian dari masyarakat. Namun mantan istri Yoyo ini tidak menyerah. Tanggal 27 Januari 1996, Ocha kembali mengeluarkan album pertama di masa remajanya yang diberi nama Nada-Nada Cinta.

Album itulah yang berhasil mengangkat nama Rossa sebagai penyanyi berbakat tanah air. Lagu yang menjadi andalan album itu adalah Nada-Nada Cinta dan Sebening Embun Dihatiku yang laris terjual sebanyak lebih dari 750.000 keping.

Tidak hanya itu, singelnya tersebut juga berhasil menduduki chart MTV Ampuh Song of The Year dan MTV Ampuh Longest Stay #1.

Semenjak itu, nama Rossa terus melambung tinggi hingga terkenal ke negara tetangga. Dan beberapa kali mengadakan konser tidak hanya ditanah air, melainkan di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura hingga Brunei Darussalam.

Diva Indonesia ini juga beberapa kali duet dengan diva asal Negeri Jiran, Malaysia,Dato Siti Nurhaliza.

Kebanyakan lagu Rossa dijadikan soundtrack di beberapa sinetron hingga film layar lebar. Dari situ dia telah banyak meraih penghargaan terkhusus di dunia tarik suara.

Selain menjadi seorang diva, wanita berusia 43 tahun ini juga merangkap sebagai produser musik dan menjadi pengusaha sukses. Beberapa kali dirinya didaulat sebagai juri ajang pencarian berbakat menyanyi yang diselenggarakan salah satu TV swasta.