Man City Berkilau di Etihad: Comeback Hebat, Juara Grup dengan Kemenangan 3-2 atas Leipzig

suroboyo.id – Manchester City memberikan pertunjukan menakjubkan dalam laga melawan RB Leipzig di Liga Champions. Meskipun tertinggal dua gol di babak pertama, The Citizens berhasil membalikkan keadaan dan memenangkan pertandingan dengan skor 3-2, menjadikan mereka juara grup.

Pertandingan Man City vs RB Leipzig pada matchday 5 Grup G Liga Champions berlangsung di Etihad Stadium pada Rabu (29/11) dini hari WIB. Kedua tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebelum pertandingan ini dimulai.

Laga ini memiliki arti penting dalam persaingan merebut gelar juara grup. Leipzig, yang berada tiga poin di bawah City dalam klasemen Grup G, harus memenangkan pertandingan untuk tetap bersaing memperebutkan posisi pertama.

Di sisi lain, City hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan mereka menjadi juara grup. Pasukan Pep Guardiola sebelumnya telah mencatat kemenangan 3-1 di kandang Leipzig, dan keberhasilan ini menegaskan dominasi mereka dalam pertarungan ini.

Leipzig sempat berada di atas angin dengan unggul dua gol pada paruh pertama. Lois Openda dua kali membobol gawang Stefan Ortega untuk memberi Leipzig keunggulan.

Namun, City mampu membalikkan keadaan di babak kedua. Gol-gol dari Erling Haaland, Phil Foden, dan Julian Alvarez memberi City kemenangan 3-2.

Dengan hasil ini, City dipastikan jadi juara grup G. Pasukan Pep Guardiola itu mengumpulkan 15 poin setelah sempurna di lima pertandingan. Sementara Leipzig di posisi kedua dengan sembilan poin.

Jalannya Pertandingan Manchester City vs RB Leipzig

Pertandingan baru memasuki menit kelima, Leipzig sudah mengancam gawang City. Xavi Simons yang masuk ke kotak penalti City kemudian melepaskan tembakan mendatar, tapi masih melebar dari gawang.

Leipzig membuka keunggulan pada menit ke-13. Lois Openda menerima umpan lambung dari kiper Leipzig Janis Blaswich dan langsung membawa bola ke kotak penalti City. Openda kemudian melepaskan tembakan ke arah pojok kanan bawah gawang untuk menaklukkan Stefan Ortega.

Baca Juga :   Kemenangan Tipis PSS Sleman 2-1 atas Barito Putera: Super Elja Raih Tiga Poin Berharga

Dua menit kemudian, City berpeluang mencetak gol balasan. Tendangan bebas Bernardo Silva diteruskan Ruben Dias dengan sundulan, tapi masih melambung tipis di atas mistar gawang Leipzig.

Tampil dominan, City justru kembali kebobolan pada menit ke-33. Openda sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Leipzig unggul 2-0.

Openda menerima bola dari Xavi Simons di area permainan sendiri dan menggiring bola hingga ke kotak penalti City usai melewati Ruben Dias. Openda kemudian menggocek Josko Gvardiol dan menaklukkan Ortega dengan tembakan mendatar ke arah tiang dekat.

Peluang City di injury time babak pertama belum berbuah gol. Umpan Phil Foden dari sisi kiri diteruskan Erling Haaland dengan sundulan, tapi masih mengarah tepat ke kiper Leipzig.

City menipiskan ketertinggalan pada menit ke-54. Haaland menerima bola dari Foden dan kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri.

Gol! Foden membawa City menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Menerima bola dari Gvardiol, Foden menaklukkan Blaswich dengan tembakan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh.

Usai keunggulannya hilang, Leipzig mencoba merespons. Sesko yang masuk dari sisi kiri kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola tendangannya itu masih bisa ditepis Ortega.

Leipzig sempat membobol gawang City lewat sepakan Fabio Carvalho. Namun gol tersebut dianulir wasit setelah Carvalho terjebak offside dalam proses terciptanya gol.

City berbalik unggul pada menit ke-87 lewat gol Julian Alvarez. Foden dan Jeremy Doku bekerja sama di sisi kiri. Umpan Foden ke tengah kotak penalti kemudian dituntaskan oleh Alvarez yang berdiri bebas tidak terkawal.

Susunan Pemain Manchester City vs RB Leipzig

Manchester City: Stefan Ortega; Kyle Walker (Alvarez 54′), Ruben Dias (Nathan Ake 46′), Manuel Akanji, Josko Gvardiol; Rodri; Phil Foden, Bernardo Silva, Rico Lewis, Jack Grealish (Doku 54′); Erling Haaland

Baca Juga :   Hasil Pertandingan : Mbappe Pimpin Kemenangan Gemilang PSG: Menang 5-2 atas Monaco

RB Leipzig: Janis Blaswich; Mohamed Simakan, Lukas Klostermann, Castello Lukeba, David Raum; Nicolas Seiwald; Xavi Simons (Poulsen 75′), Amadou Haidara (Carvalho 74′), Xaver Schlager, Emil Forsberg (Baumgartner 60′); Lois Openda (Sesko 60′)