Berita  

Mal Pelayanan Publik Surabaya : Menjadi Salah Satu yang Terbaik di Indonesia

suroboyo.id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola Kota Surabaya telah meraih posisi dalam 10 besar MPP dengan kinerja paling prima di seluruh Indonesia.

Prestasi ini diperoleh Surabaya melalui pelayanannya terhadap 1.993 izin dan dokumen, menjadikannya salah satu yang terbaik dari total 163 MPP di seluruh Indonesia.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyampaikan bahwa penghargaan ini didasarkan pada berbagai indikator, termasuk dampaknya terhadap peningkatan investasi, kualitas penyelenggaraan MPP, kepuasan masyarakat, dan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas.

“Penghargaan MPP berkinerja prima ini menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kami mengintegrasikan 4 langkah pelayanan publik agar semakin memudahkan warga,” ujar Eri dalam keterangan resmi pada Rabu (22/11/2023).

MPP Surabaya memberikan pelayanan dalam satu tempat untuk 1993 izin dan dokumen, melibatkan 43 instansi pusat dan daerah, sebagai salah satu dari empat langkah pelayanan publik yang diterapkan untuk meningkatkan kemudahan bagi warga.

“Warga cukup datang di satu tempat untuk mengurus berbagai pelayanan. Kami juga telah merombak konsep MPP Surabaya menjadi lebih berorientasi ke warga, suasananya lebih nyaman dan tidak birokratis,” ujarnya.

Kemudian, pelayanan berbasis online yang terintegrasi memudahkan warga.

“Lewat online, semua praktis. Dan kami terus menambah jumlah izin atau dokumennya yang bisa diurus melalui online. Misalnya lewat Surabaya Single Window (SSW) Alfa, warga bisa mengurus 453 izin dan dokumen secara online,” jelasnya.

Layanan mandiri atau self service melalui mesin anjungan yang telah disediakan di beberapa titik, terutama untuk layanan administrasi kependudukan juga diunggulkan.

Keempat, layanan jemput bola yang dikonsentrasikan di semua Balai RW se-Surabaya yang mencapai lebih dari 1.300 RW. Setiap hari Selasa dan Jumat, pelayanan jemput bola dilakukan di Balai-Balai RW oleh kelurahan, kecamatan, hingga dinas.

Baca Juga :   Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung

Warga hanya perlu datangi Balai RW untuk mengurus keperluannya, mulai administrasi kependudukan, masalah kesehatan, hingga legalitas usaha bagi UMKM.

“Seiring dengan hadirnya layanan jemput bola di kampung-kampung, kami telah merenovasi hampir semua Balai RW se-Surabaya, sehingga tempatnya menjadi lebih nyaman untuk pelayanan warga,” imbuhnya.

Diketahui, penghargaan MPP berkinerja prima diserahkan Abdullah Azwar AnasbMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kepada Eri di Jakarta kemarin, Selasa (21/11/2023).