Liga Europa: Pandangan Jurgen Klopp Setelah Liverpool Menang 2-0 Melawan Union Saint-Gilloise

suroboyo.id – Liverpool berhasil mengalahkan tim Belgia, Union Saint-Gilloise, dengan skor 2-0 dalam laga kedua Grup E Liga Europa musim 2023/2024 di Anfield pada Jumat dinihari, 6 Oktober 2023. Kemenangan ini menjaga performa sempurna Liverpool di kompetisi tingkat kedua Eropa ini.

Dua gol Liverpool tercipta pada menit-menit akhir kedua babak melalui kontribusi Ryan Gravenberch dan Diogo Jota. Namun, meskipun meraih kemenangan, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki beberapa catatan untuk timnya.

Klopp menyatakan, “Kami merasa bahwa kami seharusnya bisa tampil lebih baik dalam pertandingan ini. Terkadang, kami kehilangan ritme dan terlalu sering memberikan bola mati kepada lawan.”

Ia melanjutkan, “Kami perlu memiliki arah yang lebih jelas dalam permainan kami dan memperbaiki beberapa aspek tertentu. Meskipun saya merasa kami bermain dengan kedewasaan dan profesionalisme yang baik, masih ada ruang untuk perbaikan dalam banyak aspek permainan kami.”

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, Liverpool tak membutuhkan waktu lama untuk memperoleh peluang berbahaya dimana pada menit ke-4, Mohamed Salah yang bebas tanpa kawalan melesatkan tendangan ke gawang Union. Namun, secara mengejutkan tendangan pemain asal Mesir itu masih sanggup dihalau kiper Anthony Moris.

Lima menit berselang, tim asuhan Jurgen Klopp itu bahkan mampu membuka skor melalui Darwin Nunez. Namun, sayangnya gol Nunez dianulir wasit karena terjebak offside setelah sebelumnya striker Uruguay itu mendapatkan bola hasil sepakan Graveberch yang ditepis Moris.

Pada menit ke-17, Liverpool kembali gagal membuka skor setelah Nunez melewatkan peluang emas di depan gawang Union yang tinggal di-tap in. Tiga menit berselang, giliran Salah yang mendapatkan peluang, tapi sundulannya masih mudah diamankan Moris.

Nunez kembali mendapatkan peluang pada menit ke-35, tapi lagi dan lagi ia masih gagal menjebol gawang tim tamu.

Baca Juga :   Bournemouth Vs Liverpool: Liverpool Melaju ke Perempatfinal Carabao Cup dengan Skor 2-1

Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu Liverpool datang pada menit ke-43. Melalui serangan cepat dari belakang, Trent Alexander-Arnold melepaskan tendangan keras. Moris masih sanggup menahan tendangan Arnold, tapi tepisannya yang tidak sempurna mampu dimanfaatkan oleh Gravenberch untuk membuka skor.

Gol pertama bagi pemain asal Belanda itu setelah sebelumnya di Liga Europa mencatatkan assist pertamanya kala menghadapi LASK Linz. Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Diogo Jota membuka peluang gol pada menit ke-51 melalui sundulannya yang masih diselamatkan oleh Moris. Pada menit ke-87, Curtis Jones mendapatkan peluang, tapi tendangan jarak jauhnya masih melebar tipis.

Di menit-menit akhir, Union membombardir pertahanan Liverpool, tapi masih saja gagal mencetak gol. Di tengah situasi Union yang melancarkan serangan, Liverpool memanfaatkan situasi serangan balik dan berbuah gol kill the game pada menit ke-90+2 lewat Jota.

Kemenangan ini membawa Liverpool tak tergoyahkan di puncak klasemen sementara Grup E dengan 6 poin. Sementara itu, Union di peringkat ketiga dengan 1 poin.