Suroboyo.id – Pertanian merupakan sektor fundamental dalam perekonomian suatu negara. oleh karena itu, saat ini perkembangan pendidikan kampus sangat berkembang salah satunya dalam Fakultas Pertanian Jurusan Teknologi Pangan.

Dalam jurusan ini, mahasiswa juga akan dibagi dalam beberapa konsentrasi sesuai dengan minat baik dalam bidang pengolahan maupun manajemen bisnis.

Hal ini seperti dilansir dari Ma’soem University salah satu universitas di Bandung yang membuka jurusan teknologi pangan.

Dalam studi mengenai Teknologi pangan, mahasiswa akan diajarkan sifat fisik atau sifat kimia dari berbagai bahan pangan hingga belajar mengenai dunia mikrobiologis.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

Ma’soem University membuka program studi Teknologi Pangan dan Agribisnis dengan beragam konsentrasi mulai dari produk kopi, susu, sirup, coklat, teh, makanan instant, kue kering, kembang gula, fermentasi, urban farming, manajemen suplier hortikultura,  marketplace agribisnis hingga produk makanan tradisional Indonesia.

Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Teknologi Pangan, berikut prospek kerja dan potensi gaji yang didapat untuk lulusan program studi ini.

1. Wirausaha dalam Bidang F&B

Jika kamu tertarik dalam bisnis F&B, jurusan ini cocok kamu pilih dimana kamu akan lebih mengetahui cara pengolahan bahan baku dan pengolahan dengan metode yang lebih higienis dan efisien.

Potensi Penghasilan: ~

2. Wirausaha Supply Bahan Pangan

Pada jurusan ini, kamu akan belajar mengenai cara pembuatan, pengemasan, hingga bagaimana mendistribusikan produk.

Setelah lulus kamu tidak hanya memiliki modal pengetahuan yang berhubungan dengan pangan, kamu juga akan dibekali dengan banyak pengetahuan terkait mikro ekonomi, yang bisa menjadi dasar seorang mahasiswa teknologi pangan untuk berwirausaha.

Potensi Penghasilan: ~

3. Quality Control Food Industry

Posisi sebagai Quality Control (QC) dalam industri makanan sangat dibutuhkan, hal ini untuk menjamin mutu dan kualitas atas produk yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Dengan bekal dari program studi ini, kamu dapat masuk ke beragam perusahaan industri makanan untuk bagian QC.

Potensi Penghasilan: Rp 4.500.000 – Rp 8.000.000

4. Product Development

Dalam industri makanan, peran Product Development sangat vital dimana posisi ini merupakan jantung inovasi dari perusahaan.

Berbeda dengan Quality Control yang bertanggung jawab dalam menjaga mutu dan kualitas produk, tugas Product development lebih ke arah pengembangan dan inovasi produk.

Potensi Penghasilan: Rp 5.000.000 – Rp 20.000.000

5. Konsultan Gizi dan Pangan

Lulusan Jurusan teknologi pangan dapat bekerja sebagai konsultan gizi dan pangan dalam perusahaan yang bergerak dalam industri makanan.

Baca Juga: Langsung Praktek, Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Sablon hingga Jahit Bagi Driver Ojol Perempuan

Tugas dalam bidang ini memberikan konsultasi mulai dari pengolahan bahan, manajemen pengemasan, hingga pemasaran.

Potensi Gaji: Rp 4.500.000 – Rp 25.000.000

6. Berkarir dalam Institusi Pemerintahan

Selain dalam kementrian pertanian, lulusan jurusan teknologi pangan dapat masuk dalam lembaga pemerintahan seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Potensi Gaji: Mengikuti Golongan

Itulah tadi beberapa prospek kerja dan potensi gaji dari lulusan jurusan teknologi pangan. untuk kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini, kamu dapat mendaftar langsung mendaftar di salah satu Universitas di Banding berikut.

Ma’soem University

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022
e-mail : [email protected]