Komentar Shin Tae Yong Pasca Kekalahan Memilukan Timnas Indonesia dari Irak 1-5

suroboyo.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengungkapkan perasaannya setelah menghadapi kekalahan telak 1-5 dari Irak dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kekalahan ini menjadi pukulan bagi Shin Tae Yong, yang sebelumnya jarang merasakan hasil negatif bersama skuad Garuda.

Pertandingan berlangsung di Stadion Internasional Basra, di mana tim tuan rumah menguasai jalannya pertandingan dan menundukkan Timnas Indonesia dengan skor mencolok.

Kekalahan ini menjadi yang pertama sejak pertemuan Timnas Indonesia dengan Argentina, di mana mereka kalah 0-2 dalam pertandingan uji coba pertengahan tahun ini.

Sebelumnya, kekalahan terakhir dalam kompetisi resmi terjadi saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Vietnam dalam semifinal Piala AFF.

Shin Tae Yong memberikan komentar mengenai kekalahan yang mencolok ini, membuka ruang untuk evaluasi dan perbaikan pada penampilan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya.

“Saya rasa ini adalah kekalahan besar dan saya ucapkan selamat kepada Irak yang bermain bagus. Kami akan mencoba bermain lebih baik pada pertandingan kandang nanti,” kata Shin dalam konferensi pers.

Timnas Indonesia dibobol Bashar Resan pada menit ke-19 dan gol bunuh diri Jordi Amat pada menit ke-35 membuat Tim Merah Putih tertinggal 0-2.

Gol Shayne Pattinama pada masa injury time babak pertama sempat memunculkan asa, namun Irak kemudian mencetak tiga gol pada babak kedua melalui Osamah Jabbar, Youssef Amyn, dan Ali Ibrahim.

Ketika ditanya mengenai kekalahan mencolok setelah hanya tertinggal dengan selisih satu gol hingga turun minum, Shin hanya menjawab singkat.

“Irak bermain dengan bagus,” ucap Shin.

Kalah dari Irak tak membuat mimpi Indonesia ke Piala Dunia 2026 pudar karena masih ada lima pertandingan lagi yang akan dihadapi. Yang terdekat adalah laga tandang di Filipina pada Selasa (21/11).

Baca Juga :   Real Madrid Menang Dramatis 3-2 Kontra Union Berlin, Amankan Posisi Sempurna di Fase Grup

Filipina menelan kekalahan 0-2 dari Vietnam dalam laga yang digelar di Manila, Kamis (16/11) petang. Sementara Irak akan bertandang ke Vietnam pada Selasa (21/11).