Suroboyo.id – Mengulas sekilas tentang kitab Riyadhus Shalihin.

Kitab Riyadhus Shalihin memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kitab yang lain dari kitab-kitab sunnah dan kitab ini benar-benar bekal bagi nasihat, pelita bagi orang yang menerima nasihat, pelita bagi orang yang mengambil petunjuk dan taman orang-orang sholih.

Hal itulah yang menjadi sebab mendapatkan kedudukan yang tinggi dikalangan para ulama sehingga mereka memberikan syarah, komentar dan mengajarkannya di halaqoh-halaqoh mereka.

Baca juga: Kitab Bulughul Maram PDF Versi Bahasa Arab dan Terjemahan Indonesia

Maksud dan Isi Kitab Riyadhus Shalihin

Sebagaimana disampaikan penulisnya, Imam an-Nawawy, dalam mukadimah kitab ini, Riyadhus Shalihin dimaksudkan untuk mengumpulkan hadis-hadis yang sahih, yang dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat, tuntunan adab lahir dan batin, menghimpun anjuran dan ancaman, latihan jiwa, didikan akhlak, obat hati, pemeliharaan badan dan lain-lain.

Pada kitab ini hadis-hadis dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya akhlak (ikhlas, sabar, takwa, tawakal, hubungan sosial, dst.), adab sopan santun (malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, tata tertib makan, adab berpakaian, mengucapkan salam), adab terkait orang sakit dan orang yang meninggal, keutamaan membaca Al-Qur’an, keutamaan-keutamaan terkait berbagai macam salat dan puasa, jihad, dzikir dan doa, serta larangan-larangan terkait ibadah, muamalah, dan kebiasaan-kebiasaan hidup yang tertentu.

Riyadhus Shalihin (Taman Orang-Orang Shalih) merupakan buku idola bagi kaum muslimin, banyak faidah yang sepertinya tidak pernah habis digali.

Masa kecil sudah belajar Riyadhus Shalihin, masa mudanya apalagi, masa tuanya pun tidak mau ketinggalan, tetap eksis mempelajari kitab berbobot yang satu ini.

Jika biasanya buku yang sudah tersebar luas di pasaran hanya diterjemahkan apa adanya (baca: dialihbahasakan sebagaimana redaksi kitabnya tanpa penambahan dan pengurangan).

Kini, penerbit Ummul Qura menerbitkannya dengan penjelasan (Syarah) dalam satu buku, tentulah lebih praktis.

Karena kitab syarah (syuruh) yang beredar biasanya berjilid-jilid.

Telah mendahului di pasaran sebelum apa yang diupayakan oleh Syaikh Faishal, yakni dua ulama ahli di masanya: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin (Syarah Riyadhus Shalihin) dan Syaikh Salim bin Ied al-Hilali (Bahjatun Nazhirin Syarah Riyadhus Shalihin).

Baca juga: Filosofi Teras, Sinopsis, dan Kutipan Motivasi: Buku Pengantar Filsafat Panduan Moral Anak Muda,

Luruskan Niat

Penulis membawakan hadits ini di awal pembahasannya, dalam rangka mengingatkan para penuntut ilmu untuk meluruskan niatnya. Hadits yang begitu masyhur:

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.

Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)
Penjelasan

Hadits ini merupakan hadits agung, mulia, dan banyak faidahnya. Abdurrahman bin Mahdi rahimahullah berkata, “Selayaknya bagi penyusun kitab untuk memulai tulisannya dengan hadits ini guna mengingatkan para penuntut ilmu agar meluruskan niatnya.”

Imam asy-Syafi’i mengomentari, “Hadits ini mencakup 70 bab ilmu.”

Dan al-Imam al-Bukhari menambahkan, “Bab hadits yang menjelaskan bahwa perbuatan tergantung kepada niat dan keikhlasan bagi setiap orang tergantung apa yang telah ia niatkan, maka termasuk dalam baab ini ialah Iman, wudhu, shalat, zakat, haji, puasa, dan beberapa hukum lainnya.”

jika anda kesulitan membaca teks aslinya, anda bisa membaca yang versi terjemahannya, silahkan download pada link yang kami sediakan di bawah ini:

 

 

Demikianlah informasi tentang Terjemahan Kitab Riyadhus Sholihin dana dua Jilid, yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Demikianlah informasi tentang Terjemahan Kitab Riyadhus Sholihin dana dua Jilid, yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.