Kepercayaan Shin Tae-yong Terhadap Pratama Arhan: Meski Jarang Main di Tokyo Verdy, Tetap Dipanggil ke Timnas Indonesia

suroboyo.id – Shin Tae-yong mempertahankan panggilan Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, meskipun pemain tersebut jarang mendapatkan kesempatan bermain di Tokyo Verdy.

Keputusan ini terungkap sebagai bentuk keyakinan pelatih terhadap bakat Arhan, yang ingin membantu menyelamatkan karier pemain tersebut.

Arhan telah dimasukkan dalam daftar 29 pemain yang dipanggil ke skuad Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) jelang Piala Asia 2023. Keputusan untuk memanggil Arhan menjadi sorotan, mengingat kurangnya waktu bermain yang dialaminya di tingkat klub.

Meskipun membela klub Jepang, Tokyo Verdy, Arhan menghadapi kendala dalam mendapatkan jam bermain. Sejak bergabung pada 1 Maret 2022, Arhan baru tampil sebanyak 4 kali bersama Tokyo Verdy, dengan hanya tiga penampilan musim ini untuk klub asal Jepang tersebut.

Kini, Arhan pun dikabarkan akan hengkang dari Tokyo Verdy. Namun, belum diketahui pasti, ke mana Arhan akan melanjutkan karier sepakbolanya selanjutnya.

Meski Arhan tak berkarier baik di level klub, Shin Tae-yong ternyata tak kehilangan kepercayaan dengan bek berusia 21 tahun itu. Pelatih asal Korea Selatan itu pun memanggil Arhan demi masa depan sepakbola Indonesia juga.

“Arhan pemain bagus, kalau dia dapat menit bermain di klubnya, performa bisa lebih baik lagi daripada sekarang,” ujar Shin Tae-yong di Jakarta, Selasa 19 Desember 2023.

“Tapi, ya karena itulah (jarang main), performa Arhan semakin turun. Jika timnas tidak milih dia, performa dia akan benar-benar mati,” lanjutnya.

“Jadi, saya sengaja pilih dia untuk masa depan sepak bola Indonesia juga,” jelas Shin Tae-yong.

Bagi Shin Tae-yong, meski performa Arhan menurun, sang pemain tetap punya senjata menakutkan untuk lawan. Senjata itu tentu saja lemparan bola ke dalamnya yang fantastis hingga kerap berujung gol.

Baca Juga :   Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia vs Turkmenistan

“Kelebihan Arhan long ball throw in. Ini senjata yang sangat menakutkan untuk lawan,” beber Shin Tae-yong.

Kini, menarik menantikan kiprah Arhan bersama Timnas Indonesia. TC Timnas Indonesia sendiri akan digelar di Turki mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Arhan sendiri jadi salah satu pemain langganan dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Di Timnas Indonesia senior, dia kini sudah membukukan 35 caps dengan catatan 3 gol.