Suroboyo.id – Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Di mana gejalanya yaitu adanya nyeri pada area jari atau persendian.

Pada pria, asam urat yang tinggi ditunjukkan dengan hasil pemeriksaan kadar asam urat di atas 7,0 mg/dL. Sedangkan pada wanita, asam urat tinggi ditubjukkan dengan nilai di atas 6,7 mg/dL.

Dan berikut ini adalah ciri-ciri asam urat yang sebaiknya tidak diabaikan. Sebab beberapa orang cenderung mengabaikan adanya perasaan ini.

Baca juga: Waktu Tidur Terbaik Menurut dr. Zaidul Akbar: Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Gejala Asam Urat

1. Nyeri Sendi

Ciri-ciri atau gejala asam urat yang paling umum dirasakan adalah nyeri sendi hebat yang membuat orang merasa kesaktian, hingga muncul peradangan atau kemerahan.

Sebagian orang merasakan nyeri tersebut pada area jempol kaki, namun serangan asam urat juga dapat terjadi pada anggota tubuh yang lain seperti pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dan jari kaki.

2. Pembengkakan di Area atau Sekitar Sendi

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan jaringan pelapis sendi atau sinovium membengkak. Dan selain itu, asam urat juga memicu peningkatan volume pelumad sendi atau cairan synovial.

Kondisi inilah yang lantas kita sebut sebagai pembengkakan di area atau sekitar sendi akibat asam urat.

Baca juga: 5 Makanan Pembersih Paru-Paru: Ada Kunyit dan Teh Hijau

3. Benjolan Keras

Benjolan keras atau disebut juga dengan tophi dapat muncul pada area serangan asam urat terjadi.

Tophi awalnya tidak menyakitkan, namun seiring waktu dapat mengakibatkan nyeri. Selain itu, benjolan keras yang dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan tulang dan jaringan lunak serta kelainan sendi.

4. Kulit Memerah

Serangan asam urat juga menyebabkan kulit di bagian tubuh yang sakit memerah. Hal ini diakibatkan aliran darah meningkat di area yang meradang.