Berita  

Kampung Turis di Pengandaran Kebakaran, 3 Restoran Menjadi Korban Si Jago Merah

suroboyo.id – Kampung Turis yang terletak di Pantai Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kebakaran hebat pada Kamis (31/8). Kejadian ini menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sejumlah restoran dan kafe yang berada di kawasan tersebut.

Salah satu pemilik restoran, Arif Firman, mengungkapkan bahwa kerugian yang dia alami akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah. Restoran miliknya, Rumah Makan Siti Mungil, telah ludes terbakar meskipun upaya pemadam kebakaran berhasil memadamkan api.

Arif menyatakan, “Saat awal membangun restoran ini, saya telah menghabiskan lebih dari Rp 3 miliar, dan itu belum termasuk biaya isian serta perlengkapan lainnya yang ada dalam restoran.”

Menurut keterangan pegawainya, api dengan cepat merambat ke bagian gedung lainnya, karena konstruksi bangunan restoran didominasi oleh material yang mudah terbakar.

Kapolres Pangandaran AKBP Imara membeberkan, terdapat tiga restoran yang hangus terbakar dalam kejadian ini. Petugas mampu memadamkan api dua jam usai kejadian.

“Kami masih telusuri apakah dari korsleting listrik, api kompor atau pun lainnya, kami masih dalam proses penyelidikan. Kerugian masih dihitung, belum ada korban jiwa,” terangnya.

Tiga kafe dan restoran yang terbakar itu antara lain, Restoran Siti Mungil, Morgan dan Hello Beach. Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan dalam proses pemadaman, bahkan ada petugas yang nyaris pingsan.

Anggota Damkar Pangandaran Gin Gin mengungkapkan, tebalnya asap kebakaran dibarengi dengan angin kencang sehingga membuat para petugas kesulitan bernapas serta sulit mencari titik api yang membesar.

Kampung Turis terletak di Pamugaran, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya dari pantai Pangandaran hanya sejauh 2 Km atau 10 menit perjalanan saja menuju pantai barat Pangandaran.

Wisatawan juga bisa menggunakan jasa transportasi wisata seperti ATV, sepeda listrik dan skuter. Ketika tiba di Kampung Turis Pangandaran wisatawan dapat memilih beragam kafe dan restoran.

Baca Juga :   "Rumah Surabaya Next Leader" Diresmikan oleh Wali Kota Eri Cahyadi, Mewujudkan Generasi Emas 2045

Sebelum kebakaran hebat melanda, terdapat sebanyak 13 rumah makan seafood di Kampung Turis Pangandaran, yang menyajikan hidangan lezat.

Restoran dan Kafe di Kampung Turis menyediakan live musik, DJ dan hiburan lainnya setiap Weekend. Selain kuliner lokasi swafoto di Kampung Turis tak kalah indahnya, apalagi jika menyaksikan sunset di sore hari.

Bukan hanya itu artistik dan bentuk rumah makan seafood dan kafe di Kampung Turis memiliki sensasi serasa di Bali.