Hasil Pertandingan : Belanda Menang Telak 6-0 Atas Gibraltar, Calvin Stengs Cetak Hattrick

suroboyo.id – Pertandingan Kualifikasi Euro 2024 antara Timnas Gibraltar dan Belanda berakhir dengan skor 0-6 untuk keunggulan tim tamu. Kemenangan gemilang The Oranje ini ditandai oleh hattrick yang dicetak oleh bintang mereka, Calvin Stengs.

Timnas Belanda menjalani laga tandang melawan Gibraltar dalam lanjutan Grup B Kualifikasi Euro 2024 pada Rabu (22/11/2023). Pertandingan berlangsung di Estadio Algarve, markas Gibraltar.

Meskipun pertandingan ini lebih bersifat formalitas, tidak memengaruhi posisi klasemen Grup B, Belanda tetap tampil dominan. Mereka sudah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024 dan memilih untuk tidak menurunkan beberapa pilar utama seperti Cody Gakpo, Xavi Simmons, Tijjani Reijnders, Daley Blind, dan Denzel Dumfries sejak menit awal pertandingan.

Jalannya Pertandingan Gibraltar vs Belanda

Timnas Belanda menang segalanya dalam urusan statistik, baik itu di sektor pengendalian permainan hingga total tembakan yang dilakukan. Anak asuh Ronald Koeman ini memegang penguasaan bola mencapai 70%, berbanding 30% untuk Gibraltar.

Selain itu, Belanda juga total melakukan 16 tembakan di mana sembilan di antaranya tepat sasaran dan enam yang berbuah gol. Dari enam gol tersebut, tiga di antaranya dicetak oleh Calvin Stengs (10’, 50’, 62’).

Sedangkan tiga gol Belanda lainnya masing-masing dicetak oleh Mats Wieffer pada menit ke-23, Teun Koopmeiners pada menit ke-28 dan ditutup oleh Cody Gakpo pada menit ke-81.

Di sisi lain, Gibraltar sebagai tuan rumah sama sekali tidak bisa melakukan tembakan, baik tepat sasaran atau tidak ke gawang Belanda.

Susunan Pemain Gibraltar vs Belanda

Gibraltar (5-4-1)
Dayle Coleing (GK); Jack Sergeant, Roy Chipolina, Aymen Mouelhi, Joseph Chipolina, Jayce Mascarenhas-Olivero; Liam Walker, Nicholas Pozo, Evan de Haro, Lee Casciaro; Tjay De Barr.

Belanda (4-3-3)
Bart Verbruggen (GK); Jordan Teze, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Quilindschy Hartman; Mats Wieffer, Teun Koopmeiners, Joey Veerman; Calvin Stengs, Wout Weghorst, Donyell Malen.