Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Menggulung Brunei Darussalam dengan Skor 6-0

suroboyo.id – Timnas Indonesia dengan gemilang berhasil memastikan diri melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Mereka menghadapi Timnas Brunei Darussalam dan berhasil menundukkan lawan dengan skor akhir 6-0 di leg kedua, menghasilkan agregat 12-0.

Pada leg kedua ini, Timnas Indonesia menampilkan performa yang mengesankan. Hokky Caraka mencetak dua gol, sementara Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri, dan Ramadhan Sananta masing-masing mencetak satu gol, membawa total enam gol untuk tim Garuda.

Kemenangan gemilang ini memastikan Timnas Indonesia melangkah ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, sementara perjalanan Timnas Brunei Darussalam berhenti di babak pertama.

Prestasi ini merupakan langkah awal yang positif dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2026, dan berharap dapat memicu semangat dan antusiasme di kalangan penggemar sepak bola Indonesia.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Berstatus sebagai tim tamu di Sultan Hassanal Bolkiah Stadium, timnas Indonesia langsung tancap gas. Anak asuh Shin Tae-yong itu langsung tampil menekan sejak awal.

Baru lima menit laga berjalan, Timnas Indonesia berhasil unggul 1-0. Hokky Caraka mencatatkan namanya di papan skor setelah ia mengonversi umpan tarik Sandy Walsh dengan sempurna. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Indonesia.

Gol tersebut membuat timnas Indonesia semakin bersemangat untuk menyerang. Namun Brunei Darussalam memilih untuk bermain pragmatis dengan memasang garis pertahanan yang rendah.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, gawang Brunei Darussalam kembali bobol di menit ke-41. Kali ini Egy Maulana Vikri sukses menjebol gawang Brunei memanfaatkan umpan sundulan dari Hokky Caraka. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Dua menit berselang, Hokky Caraka sukses mencetak gol keduanya di laga ini setelah ia berhasil mengoyak gawang Brunei Darussalam dengan golnya. Skor 3-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Baca Juga :   Tren Puasa Kemenangan Persebaya Surabaya Berlanjut, Bonek Semakin Kritis

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia tidak menurunkan tempo serangan mereka. Baru satu menit laga berjalan, wasit menunjuk titik putih setelah Witan Sulaeman dilanggar di kotak terlarang Brunei Darussalam.

Pemain Persija itu menjadi eksekutor penalti tersebut dan ia berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Indonesia unggul 4-0 atas Brunei Darussalam.

Di menit ke-60, Shin Tae-yong membuat tiga pergantian pemain. Ramadhan Sananta, Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam masuk menggantikan Dendy Sulistyo, Egy Maulana Vikri dan Sandy Walsh.

Di meit ke-63, keunggulan Indonesia melebar menjadi 5-0. Kali ini Rizky Ridho lagi-lagi menambah pundi-pundi golnya setelah tendangan kerasnya gagal dihentikan oleh lini pertahanan Brunei Darussalam.

Di menit ke-81, keunggulan Indonesia melebar menjadi 6-0. Melalui skema serangan balik, Ramadhan Sananta lolos dari jebakan offside dan melepaskan tembakan chip dari luar kotak penalti dan membobol gawang Brunei Darussalam.

Di 10 menit terakhir pertandingan, konsentrasi Indonesia sedikit menurun. Alhasil Brunei Darussalam beberapa kali melepas serangan balik, namun beruntung tidak ada peluang mereka yang berbuah gol.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 6-0 bertahan untuk keunggulan timnas Indonesia.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Brunei Darussalam: Haimie Nyaring; Nazhan Zulkiflie, Alinur Rashimy, Hanif Hamir, Akyura Indera; Hendra Azam, Haziq Kasyful, Nur Asyraff, Hakeme Yazid; Azizi Ali, Khairil Shahme

Pelatih: Mario Rivera

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Shayne Pattynama; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan, Hokky Caraka, Egy Maulana.

Pelatih: Shin Tae-yong

Statistik Pertandingan

Timnas Brunei Darussalam – Timnas Indonesia
Goals: 0-6
Total Shots: 12-23
Shots on Target: 2-11
Posession: 20%-80%
Fouls: 7-9
Offsides: 0-3