Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia 2023: Marc Marquez Nestapa, Duel Bagnaia vs Martin di Baris Terdepan

suroboyo.id – Hasil kualifikasi MotoGP Malaysia 2023 mencatatkan nasib sial Marc Marquez dan menampilkan persaingan ketat antara murid Valentino Rossi, Francesco Bagnaia, dan pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, yang berhasil meraih posisi terdepan.

Kualifikasi sengit ini berlangsung di Sirkuit Sepang pada Sabtu (11/11/2023). Pada seri ini, sorotan tertuju pada Francesco Bagnaia, murid Valentino Rossi, yang membutuhkan posisi start yang baik untuk menghadapi sesi balapan.

Pembalap yang akrab disapa Pecco ini sedang memburu Jorge Martin dari Pramac Racing, yang berhasil menempati posisi kedua. Dengan selisih hanya 13 poin, keberhasilan Bagnaia di kualifikasi ini bisa mengubah posisi juara dunia musim 2022.

Apalagi masih ada dua seri yang bakal dipentaskan usai seri balapan di Malaysia.

Menariknya, mereka berdua kompak tampil meyakinkan pada sesi latihan. Keduanya langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua atau Q2.

Jalannya Kualifikasi Pertama atau Q1

Meski tak ada Pecco dan Martin, sesi Q1 tetap berlangsung seru. Marc Marquez jadi magnet utama pada sesi tersebut.

Pembalap Repsol Honda ini mengemban misi lolos ke Q2 bersaing melawan Enea Bastianini, Franco Morbidelli, hingga Aleix Espargaro.

The Baby Alien catatkan waktu 1 menit, 58,717 detik untuk putaran pertamanya. Torehan tersebut membuatnya sementara tertahan pada poisisi ke-5.

Waktu terbaik sendiri dipegang Bastianini dengan 1 menit, 58,169 detik.

Pertarungan berebut starting grid terdepan memanas jelang Q2 bubaran.

Aleix Espargaro buka asa lolos ke sesi selanjutnya dengan memuncaki daftar pembalap tercepat dengan waktu 1 menit, 58,069 detik.

Akhirnya Fabio Di Giannantonio dan Bastianini lah yang lolos ke Q2.

Di sisi lain, Marquez yang coba lakukan usaha terakhirnya malah bertemu nestapa yakti terjatuh di gravel.

Baca Juga :   Sejarah Asal Mula MotoGP

Jalannya Kualifikasi Kedua atau Q2

Fabio Quartararo jadi pembalap pertama yang mencatatkan waktu. Catatan waktu pembalap Monster Energy Yamaha itu dengan cepat dilewati oleh rival-rivalnya.

Luca Marini berhasil memimpin sementara dengan 1 menit, 57,787 detik. Tak berselang lama, giliran Martin yang menduduki posisi teratas berbekal torehan 1 menit, 57,549 detik.

Pembalap Pramac Racing itu tak tergoyahkan hingga menit terakhir Q2. Bagnaia hanya punya satu kesempatan mengejar di putaran terakhirnya.

Dan hebatnya murid Rossi ini berhasil mengambil waktu tercepat di mana Martin malah jauh pada saat-saat krusial.