Hansi Flick Seharusnya Diberhentikan Tiga Bulan Lebih Awal

suroboyo.id – Pada Senin, 11 September 2023, DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) mengambil tindakan drastis dengan memecat Hansi Flick dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Jerman. Keputusan ini sebenarnya seharusnya bisa diambil tiga bulan lebih awal.

Penyebab pemecatan ini adalah hasil yang memalukan yang diperoleh oleh Timnas Jerman dalam laga FIFA Matchday September 2023. Pada tanggal 10 September 2023, Timnas Jerman mengalami kekalahan telak 1-4 dari Timnas Jepang. Hasil ini menjadi bukti nyata dari tren buruk yang telah berlangsung sejak beberapa waktu terakhir.

Timnas Jerman tidak mampu meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di bawah kepemimpinan Hansi Flick, dengan catatan empat kekalahan dan satu kali hasil imbang. Kemenangan terakhir mereka diraih pada bulan Maret 2023.

Trend negatif ini telah menjadi dasar yang kuat bagi DFB, yang merupakan organisasi sepak bola Jerman, untuk mengakhiri kerja sama dengan Hansi Flick. Saat ini, Timnas Jerman sedang ditangani oleh Rudi Voller sebagai pelatih sementara, dengan dukungan dari dua asistennya.

Rudi Voller bukanlah sosok asing di lingkungan Timnas Jerman. Dia telah menjabat sebagai Direktur Olahraga Timnas Jerman sejak bulan Februari 2023. Pada Juni 2023 lalu, Rudi Voller bahkan menentang pemecatan Hansi Flick.

Saat itu, Jerman imbang melawan Ukraina (3-3) lalu dua kali takluk di hadapan Polandia (0-1) dan Kolombia (0-2). Di saat publik Jerman meminta Flick mundur, Voller kekeuh mempertahankannya.

Untungnya Voller tidak gengsi untuk menurunkan egonya. Dia akhirnya sepakat dengan suara petinggi DFB lainnya untuk menyudahi kerja sama dengan Flick.

“Pertandingan melawan Jepang secara jelas menunjukkan kepada kami, bahwa kami tidak memiliki perkembangan sama sekali,” ujar Voller.

Baca Juga :   Bayern Munchen Telah Memberikan Penawaran Kepada Mantan Pelatih Mereka Julian Nagelsmann di Timnas Jerman (DFB)

“Ini bukan keputusan yang mudah bagi saya. Sejak saya bergabung dengan DFB pada Februari 202 lalu, saya mendukung penuh Hansi Flick untuk bisa sukses,” lanjutnya.

Karena waktu yang singkat mencari pengganti, Voller dan dua asistennya akan menangani Joshua Kimmich dkk untuk laga kedua di FIFA Matchday September 2023 melawan Timnas Prancis.

Setelah laga ini, Voller bertekad untuk mulai mencari sosok yang tepat untuk menyiapkan Jerman, sembilan bulan jelang EURO 2024.

“Saya sangat percaya bahwa siapapun pelatihnya nanti, harus bisa membawa tim nasional ini kembali ke jalan yang benar,” tandas dia.