Berita  

GoTo dan TikTok Mengukuhkan Kerja Sama E-Commerce di Indonesia, Tokopedia Jadi Bagian dari TikTok Shop

suroboyo.id – GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis mereka di Indonesia untuk memperkuat sektor e-commerce.

Kabar ini mengonfirmasi spekulasi yang beredar belakangan tentang kehadiran TikTok Shop di Indonesia dengan menjalin kerja sama bersama pemain lokal.

Dalam pengumuman resmi yang diterima sumber pada Senin (11/12/2023), disebutkan bahwa sebagai bagian dari kemitraan tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki kendali atas PT Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Sebagai wujud kerja sama ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia.

Penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak akan menyebabkan dilusi lebih lanjut terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Dalam pernyataan tertulis, disebutkan bahwa melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo berharap dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia yang terkombinasi dengan TikTok Shop Indonesia diharapkan akan memberikan keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.

Selain itu, GoTo akan terlibat dalam menjangkau pasar yang lebih besar melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan mendapatkan aliran pendapatan dari Tokopedia seiring dengan skala dan pertumbuhan perusahaan ini.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia.

Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo diklaim akan memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Melalui penggabungan kedua bisnis, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo berupa:

● Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;

● Huluisasi UMKM – mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan);

● Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang;

● Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional;

● Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia; dan

● Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.