Federasi Sepak Bola Spanyol Mendesak Luis Rubiales untuk Mengundurkan Diri dari Jabatannya Akibat Skandal Ciuman

suroboyo.id – Para tokoh penting dari Komite Presiden Wilayah Sepak Bola Spanyol secara tegas mendesak Luis Rubiales, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), untuk mengundurkan diri dari jabatannya setelah insiden ciuman yang melibatkan Jennifer Hermoso, pemain timnas wanita Spanyol, dalam momen perayaan gelar juara Piala Dunia Wanita 2023 di Sydney, Australia, pada hari Minggu, 20 Agustus.

Dalam klip video yang beredar di media sosial, adegan ciuman terjadi saat Luis Rubiales hendak meletakkan medali emas di leher Jennifer Hermoso. Sambil memegang wajah sang pemain, Rubiales awalnya mencium pipi Hermoso, kemudian dilanjutkan dengan ciuman di bibir.

Reaksi negatif terhadap tindakan ini bermunculan dari berbagai pihak. Desakan untuk mengundurkan diri pun semakin menguat, meski Rubiales menolak dan berpendapat bahwa ciuman tersebut dilakukan spontan tanpa maksud tertentu.
FIFA kemudian mengambil tindakan dengan memberikan sanksi larangan terlibat dalam kegiatan sepak bola selama 90 hari. Akibatnya, posisi Rubiales saat ini telah diambil alih oleh Presiden sementara, yaitu Pedro Rocha.

Langkah pertama Pedro setelah menjadi Presiden interim RFEF adalah menggelar pertemuan darurat federasi yang juga dihadiri para petinggi Komite Presiden Wilayah Sepak Bola Spanyol. Kegiatan ini berlangsung selama enam jam di pusat latihan Las Rozas, Madrid, Senin, 28 Agustus.

“Atas peristiwa terbaru yang tidak dapat diterima dan dapat merusak citra sepak bola Spanyol, Komite Presiden Wilayah Sepak Bola Spanyol meminta agar Luis Rubiales mengundurkan diri sebagai Presiden RFEF,” tulis pernyataan resmi RFEF usai pertemuan.

Selain menuntut pengunduran diri Rubiales, Komite Presiden Wilayah Sepak Bola Spanyol juga memuji skuad timnas wanita Spanyol atas gelar juara Piala Dunia 2023 yang saat ini telah menyatakan sikap enggan kembali membela negara selama Rubiales masih menjabat.

Komite Presiden Wilayah Sepak Bola Spanyol meminta Pedro Rocha mencabut permintaan federasi kepada UEFA untuk ikut campur dalam masalah ini yang bisa berujung pada penarikan tim-tim Spanyol dari kompetisi Eropa jika UEFA menyetujuinya.

Luis Rubiales saat ini masih dalam sanksi FIFA dan belum menentukan sikap terbaru usai sebelumnya menolak mundur. Di sisi lain, Hermoso wanita Spanyol mendapat dukungan dari sejumlah klub La Liga, seperti Cadiz dan Sevilla hingga organisasi feminis Spanyol yang menggelar protes di tengah kota Madrid.