Erick Thohir Telah Menghubungi Portugal, Belanda, dan Jerman untuk Menjadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

suroboyo.id – Timnas Indonesia sedang aktif mencari lawan yang kuat untuk pertandingan FIFA Matchday di masa yang akan datang. Ketua PSSI, Erick Thohir, telah menghubungi tiga negara yang diharapkan bisa menjadi lawan, yaitu Portugal, Belanda, dan Jerman.

Menurut Erick Thohir, dari tiga negara yang telah dihubungi, Belanda adalah satu-satunya yang sudah memberikan tanggapan positif.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Portugal, Jerman, dan Belanda. Belanda telah merespons,” ungkap Erick Thohir pada Senin (9/10/2023).

Erick Thohir memang ingin memastikan bahwa Timnas Indonesia selalu menghadapi lawan-lawan tangguh setiap tahunnya setelah menghadapi juara Piala Dunia 2022, yaitu Timnas Argentina, pada bulan Juni 2023.

Namun, Erick Thohir juga menyadari bahwa mencari jadwal yang cocok antara Timnas Indonesia dan calon lawannya bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat padatnya jadwal yang ada di akhir tahun 2023 dan tahun 2024.

Laga melawan Belanda atau negara kuat lain tidak akan digelar dalam waktu dekat. Sebab, Timnas Indonesia, jika lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, akan bermain pada November 2023, Maret 2024, dan Juni 2024.

“Permasalahannya, yang harus dipastikan adalah kalendernya. Sebab, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2023, Maret 2024, dan Juni 2024,” imbuh Erick Thohir.

“Sedangkan di Eropa, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan-bulan yang sama. Pada Juli 2024, ada Olimpiade Paris, Prancis. Ini kami sedang menyusul jadwalnya,” ucap Erick Thohir.

Meskipun belum bisa memastikan kapan Timnas Indonesia akan mendapat lawan kuat pada FIFA Matchday, Erik Thohir memberi satu titik terang. Dia mengaku permintaan Indonesia direspon dengan positif.

“Untuk awal dan pertengahan tahun depan, sepertinya sulit. Mungkin bisanya pada akhir tahun depan setelah kalender agak lowong. Kami akan mencoba.”

Baca Juga :   Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Brunei Saksikan di RCTI: Langkah Pertama Menuju Piala Dunia 2026

“Respons dari Jerman dan Belanda positif. Tapi, kami tidak mungkin pada tahun depan bermain dengan tim kuat semua. Nanti ranking FIFA Timnas Indonesia bagaimana,” ungkapnya.

Ranking FIFA Timnas Indonesia

Pada 21 September 2023, Timnas Indonesia menempati peringkat ke-147 ranking FIFA dengan 1052,87 poin berkat mengalahkan Timnas Turkmenistan 2-0 pada FIFA Matchday September 2023.

“Jadi mesti seimbang. Tapi bukan tidak mungkin ketika di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, poin kita terus membaik, lalu bermain dengan tim besar lagi, secara hitung-hitungan tetap menarik,” ujar Erick Thohir.