Dampak Shin Tae-yong: Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik 28 Posisi dalam 2 Tahun

suroboyo.id – Timnas Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam permainannya, dan bukan hanya itu, peringkat FIFA skuad Garuda juga melonjak tajam dalam kurun waktu dua tahun sejak Shin Tae-yong menjadi pelatih mereka.

Baru-baru ini, Timnas Indonesia berhasil mencapai peringkat dunia ke-146 setelah menjalani FIFA Matchday pada bulan September 2023 melawan Turkmenistan pada Jumat (8/9).

Meskipun menghadapi tim yang berada 18 peringkat di atas mereka, Tim Merah Putih menunjukkan performa yang luar biasa dengan meraih kemenangan 2-0 melalui gol dari Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Kemenangan ini membantu Timnas Indonesia, yang sebelumnya berada di bawah peringkat Turkmenistan, untuk mengumpulkan poin yang cukup besar, yaitu sekitar 5,41 poin.

Tambahan 5,41 poin itu otomatis mengatrol peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Sebelum melawan Turkmenistan, tim besutan Shin Tae-yong ini duduk di peringkat ke-150.

Tapi setelah mengalahkan Turkmenistan dan mendapat tambahan 5,41 poin, peringkat Timnas Indonesia pun merangkak naik ke peringkat ke-146 dunia.

Ranking yang dimiliki Timnas Indonesia tersebut sejatinya masih jauh dengan pencapaian terbaik di masa silam, di mana tim Merah Putih sempat berada di peringkat ke-76 di era 90 an.

Tapi peringkat ke-146 yang kini ditempati Timnas Indonesia merupakan pencapaian apik jika mengingat dua tahun silam skuad Garuda pernah duduk di peringkat ke-175.

Imbas dari sanksi FIFA pada 2015 silam, Timnas Indonesia pun sempat terpuruk di papan bawah dunia sepak bola, dengan menempati peringkat ke-170 an.

Sejak turun ke papan bawah ranking FIFA, Timnas Indonesia kesulitan untuk memperbaiki rankingnya itu, seiring hasil minor yang didapatkan di level internasional.

Tapi sejak kehadiran Shin Tae-yong pada akhir tahun 2019 itu, peringkat Timnas Indonesia pun mengalami peningkatan secara signifikan, terutama dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga :   Rans Nusantara vs Persebaya Surabaya Sisakan Kebuntuan 0-0 dalam Pertandingan Tanpa Gol

Saat pelatih asal Korea Selatan itu tiba, Timnas Indonesia masih menduduki peringkat ke-170 an. Bahkan di September 2021 lalu, skuad Garuda menduduki peringkat ke-175.

Sejak September 2021 itu, Shin Tae-yong beserta staf kepelatihannya pun secara perlahan mampu membawa Timnas Indonesia memperbaiki rankingnya di mata FIFA.

Usaha tersebut pun membuahkan hasil. Dua tahun sejak menduduki peringkat ke-175 itu, Timnas Indonesia mengalami peningkatan 29 peringkat hingga kini menduduki peringkat 146 dunia.

Keberhasilan Shin Tae-yong ini tak lepas dari kebijakannya yang berani melakukan regenerasi di Timnas Indonesia dan keberhasilannya meraih catatan positif di laga internasional.

Dengan progres yang ditunjukkan ini, ada kemungkinan Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia melangkah lebih jauh lagi di ranking FIFA.

Bisa saja, target Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, yang ingin Indonesia masuk ranking 100 besar FIFA terwujud jika progres yang ditunjukkan Shin Tae-yong berlanjut.