Dalam Laga Penuh Kontroversi, Persebaya Menelan Kekalahan 0-4 dari Persik

suroboyo.id – Pertandingan sengit antara Persebaya Surabaya dan Persik Kediri pada pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya pada Jumat (27/10) berakhir dengan skor telak 0-4 untuk keunggulan Persik.

Pertandingan ini awalnya menyuguhkan sejumlah peluang bagi kedua tim. Pada menit ke-12, Persik hampir berhasil membobol gawang Persebaya. Duel sengit antara Anderson dan kiper Persebaya, Ernando Ari, membuat bola bergerak liar dan akhirnya disambar oleh Flavio Silva. Namun, sayangnya sundulan Flavio melebar di atas mistar gawang.

Persebaya juga tidak mau ketinggalan. Pada menit ke-42, mereka hampir mencetak gol. Tendangan kaki kiri Ze Valente dari luar kotak penalti mengenai mistar gawang, membuat peluang tersebut terbuang.

Namun, peristiwa kontroversial terjadi menjelang akhir babak pertama, pada menit ke-44, di kotak penalti Persebaya.

Song Ui Young dari Persik memenangi duel dengan Flavio Silva, dan dalam kebingungan tersebut, Bayu Otto dari Persebaya terlibat dalam persaingan merebut bola. Situasi tersebut berakhir dengan Bayu Otto terjatuh di kotak penalti Persebaya.

Wasit Zetman Pangaribuan langsung menunjuk titik penalti. Dalam tayangan ulang posisi wasit Zetman tidak dalam posisi yang dekat dengan insiden tersebut.

Akan tetapi setelah berkomunikasi dengan asisten wasit, Zetman Pangaribuan menganulir penalti itu. Dalam tayangan ulang, bola lebih dulu tertendang Bayu keluar lapangan.

Zetman pun mendapat protes dari kedua kubu, terutama pemain Persik. Sementara asisten wasit dikerubungi pihak Persebaya.

Situasi yang rumit di lapangan membuat Zetman Pangaribuan menghentikan sejenak pertandingan dan masuk ke ruang ganti.

Pertandingan kembali dilanjutkan. Namun tidak berselang lama babak pertama berakhir.

Persik tidak butuh waktu lama untuk unggul pada babak kedua. Pada menit ke-47 tuan rumah unggul 1-0 berkat gol Adi Eko.

Baca Juga :   Hasil Pertandingan Inter Miami vs Charlotte FC: Lionel Messi Hanya Menonton, Skor Akhir 2-2

Adi Eko melepaskan tembakan dari bola yang ditinju Ernando Ari. Bola itu mengarah ke sisi kanan gawang Persebaya. Namun kemudian mengenai kaki Song ui Young sehingga mengubah arah bola ke sisi kiri gawang sekaligus mengecoh Ernando.

Persebaya harus bermain dengan 10 orang setelah reva Adi Utama dikartu merah usai menerima kartu kuning kedua pada menit ke-54. Kartu merah itu diberikan setelah Reva Adi mendorong pemain Persik.

Nahas bagi Bajul Ijo. Sesaat usai Reva Adi dikartu merah, Persebaya, kebobolan gool kedua pada menit ke-55 lewat bunuh diri Song Ui Young.

Song Ui Young berniat membuang bola umpan silang Yusuf Meilana dari sisi kiri. Akan tetapi bola yang disundul Song masuk ke gawang sendiri.

Persik benar-benar memanfaatkan keunggulan jumlah pemain sekaligus keroposnya lini belakang Persebaya. Umpan silang Lyngbo dari sisi kanan tanpa kesulitan disundul Flavio Silva menjadi gol pada menit ke-61.

Persebaya berupaya bangkit, akan tetapi kesulitan mendapatkan peluang dan menembus pertahanan Macan Putih.

Penderitaan Persebaya bertambah setelah Yohanes Kandaimu blunder. Yohanes gagal mengontrol bola dengan baik, sehingga bisa direbut Flavio yang langsung menusuk ke kotak penalti. Tendangan placing kaki kanan Flavio bersarang di pojok kiri bawah gawang Persebaya.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Persik menang telak 4-0 atas Persebaya.

Susunan Pemain Persik vs Persebaya:

Persik: Dikri Yusron; Hamra Hehanussa, Anderson, Simen Lyngbo, Yusuf Meilana, Ady Eko Jayanto, Bayu Otto, Rohit Chand, Flavio Silva, Supriadi, Pahabol

Persebaya: Ernando Ari; Reva Adi, Ripal Wahyudi, Riswan Lauhim, Andre ‘Kobra’ Oktaviansyah, Ze Valente, Sho Yamamoto, Song Uiyoung, Bruno Moreira, Kasim Botan, Paulo Victor.