Cara Menghapus Cache di Browser Android Agar Kembali Lancar

Cara Menghapus Cache
Cara Menghapus Cache

Suroboyo.id – Simak cara menghapus cache dari smartphone agar penggunaannya kembali lancar.

Mungkin diantara kita ada yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dalam perangkat smartphone yang kita gunakan terdapat cache memory yang tugasnya yaitu menyimpan sementara data-data atau aplikasi yang sedang dibuka maupun sudah dibuka.

Tugas cache tersebut adalah untuk mempercepat kinerja. Meskipun demikian, informasi yang terdapat dalam cache bisa menjadi membengkan atau kelebihan beban yang mengakibatkan masalah kinerja.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Akun Google Drive Unlimited 2022

Untuk itu, membersihkan cache menjadi salah satu yang dapat membantu masalah tersebut.

Cara Menghapus Cache

Cara menghapus cache di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi CCleaner.

Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik dalam urusan membersihkan cache. Terlebih aplikasi ini juga sudah terkenal di pengguna PC Windows.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghapus cache dari setiap aplikasi satu persatu ataupun menghapus seluruh cache-nya hanya dengan satu klik saja.

CCleaner juga punya banyak fitur menarik selain untuk menghapus cache. Aplikasi ini dapat mengoptimalkan dan membersihkan sampah di ponsel dengan aman.

Aplikasi ini juga bisa membersihkan folder unduhan, riwayat browser, isi clipboard, dan lain sebagainya. CCleaner juga memiliki berbagai fitur menarik seperti berikut ini.

  • Memperlancar kinerja smartphone atau tablet Android
  • Uninstal aplikasi yang tidak diinginkan dengan mudah.
  • Mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan fitur analisys storage.
  • Membersihkan sampah file yang tidak lagi digunakan.

CCleaner juga dapat mendeteksi aplikasi penguras data atau penguras baterai. Aplikasi ini juga dapat melacak aplikasi tak terpakai dengan fitur semacam pengelola aplikasi

Secara keseluruhan, aplikasi ini merupakan pembersih cache yang sangat lengkap. Aplikasi ini juga sangat cocok digunakan untuk perangkat Android denan spesifikasi rendah karena tidak membutuhkan resource tinggi.

Baca juga: Link Tes Gagal Move On Docs Google Form, Lihat Sukses Atau Masih Gamon Kalian

Cara Hapus Cache di Browser HP Android

Untuk menghapus data di browser Google Chrome, yang biasanya jadi browser default smartphone Android, kamu cukup melakukan hal berikut:

  • Masuk ke Chrome
  • Ketuk simbol tiga titik di bagian kanan atas
  • Pilih ‘History’, lalu ketuk ‘Clear browsing data’

Selain menghapus data keseluruhan, kamu juga bisa menghapus data cache tertentu di browser Chrome dengan periode waktu yang spesifik. Kamu bisa mengelola cache spesifik itu melalui pilihan ‘Advance’.

Cara menghapus cache di browser Android selain Chrome punya tata cara yang sama. Meski mungkin langkah dan nama opsinya berbeda, kamu bisa menghapus data cache melalui ‘Setting’ di browser dan pilih ‘hapus data cache’.