Suroboyo.id – Lidah buaya dikenal sebagai sebuah tanaman yang serbaguna karena memiliki banyak manfaat dalam kesehatan dan dunia kecantikan.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan B12 serta asam amino esential, asam lemak, mineral, dan zinc yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, menenangkan kulit kepala yang terkelupas, dan melembabkan rambut yang kering.

Memiliki rambut yang tebal dan indah berkilau tentu menjadi idaman bagi banyak perempuan. Maka dari itu, diperlukan perawatan yang ekstra dan rutin jika menginginkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Tips Menggunakan Catokan Rambut yang Tepat Agar Tahan Lama dan Tidak Merusak Rambut

Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan alami rambut tebal dan berkilau tanpa harus pergi ke salon mahal.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Mengaplikasikan lidah buaya pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini akan mengurangi kerontokan rambut dan membantu meregenerasi pertumbuhan rambut baru yang membuatnya tumbuh lebih tebal dan lebih lama.

2. Memperbaiki dan Memperkuat Rambut

Lidah buaya mengandung vitamin esensial yang dapat membantu memperkuat helai rambut yang lemah, menjaga rambut terlihat kaya dan berkilau.

Serta menciptakan lingkungan yang baik untukmeningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga sapat membentuk lapisan pelindung untuk rambut.

3. Menenangkan Kulit Kepala

Asam lemak pada tanaman lidah buaya telah dikonfirmasi oleh penelitian tahun 1998 untuk mengobati peradangan pada kulit kepala yang umumnya disebabkan oleh dermatis seboroik, umumnya dikenal sebagai ketombe serta kulit kepala yang gatal.

Baca juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan: Dapat Menigkatkan Fokus dan Konsentrasi Hingga Atasi Kecanduan

Cara Menggunakan Lidah Buaya pada Rambut

Cara 1

1. Oleskan lidah buaya secara langsung pada kulit kepala.

2. Letakkan 2-3 sendok makan lidah buaya setara dengan 30-44 ml di ujung jari.

3. Kemudian pijatkan gel lidah buaya pada seluruh kulit kepala

4. Biarkan gel lidah buaya di kulit kepala selama 10-20 menit.

5. Cuci rambut yang sudah diaplikasikan gel lidah buaya dengan shampo lalu gunakan kondisioner seperti biasa

6. Ulangi proses tersebut 2-3 kali dalam seminggu.

Jadikan bagian dari rutinitas di malam hari sebelum tidur. Kombinasikan perawatan kulit kepala dengan masker rambut seminggu sekali untuk rambut yang berkilau dan halus.