JOMBANG, Suroboyo.id — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 65 di gedung Juang 45 Kabupaten Jombang, Selasa (04/01/2022).

Peringatan HUT Veteran ke 65 yang mengambil tema Legiun Veteran Republik Indonesia Bersama Kekuatan Lainnya Siap Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional terutama dalam menanggulangi pandemi covid-19 ini dihadiri Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Forkopimda, Dandim 0814, Letkol Inf. Muhammad Hanafi, Asisten, Kepala OPD terkait.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, Bupati menyampaikan Ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Ketua dan Pengurus DPC (Dewan Pimpinan Cabang) LVRI Kabupaten Jombang, para veteran/pejuang perintis kemerdekaan, serta veteran pembela kemerdekaan di Kabupaten Jombang. “Dirgahayu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke 65. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Ketua DPC LVRI Kabupaten Jombang yang telah berkontribusi terhadap Pemerintah Kabupaten Jombang, semoga seluruh anggota LVRI di Kabupaten Jombang selalu diberi kesehatan, dan kelancaran dalam melakukan aktivitas, aamiin,”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Menurut Bupati, pelaksanaan Peringatan Hari Veteran Nasional yang dilaksanakan ini merupakan wujud penghargaan kepada veteran pejuang kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan para Veteran semua dimasa revolusi, serta sebagai wujud rasa berterima kasih kepada para pejuang kemerdekaan yang telah mewariskan kepada kita suatu nilai yang amat luhur yang memungkinkan Bangsa Indonesia merebut dan mempertahankan kemerdekaan yaitu cinta tanah air rela berkorban dan percaya kepada kekuatan sendiri”, tambah Bupati Mundjidah Wahab.

Menurut Bupati Mundjidah Wahab, Putri Pahlawan Nasional KH. Wahab Hasbullah ini, walau acara peringatan HUT LVRI sederhana, yang terpenting adalah semangat 45-nya. “Insya Allah kami akan terus bersama dengan LVRI Jombang memperhatikan para veteran seraya kami berharap tertularnya semangat dari veteran untuk membangun bangsa, terutama di Kabupaten Jombang”, tandasnya.

Peringatan HUT LVRI diharapkan menjadi   introspeksi dan evaluasi diri. Bahwa perjalanan selama 65 tahun harus lebih memberikan penguatan LVRI dalam mengelola organisasi untuk menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks. Sebagai veteran wajib merawat dan selanjutnya mewariskan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi penerus yang nantinya akan mengelola negeri ini.

Besar harapan semoga LVRI terus dapat melanjutkan bhakti dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara tidak mengenal batas akhir. Keinginan LVRI menjadikan generasi muda berkarakter kebangsaan yang kuat sehingga mereka tidak mudah terombang-ambing oleh derasnya arus informasi yang bermacam-macam paham semoga dapat terwujud.

Perkembangan teknologi informasi yang mengalir tanpa batas ruang dan waktu telah membawa berbagai muatan, baik positif maupun negatif. Kewajiban para veteran dan kita semua adalah mengalirkan energi positif agar masyarakat Indonesia terbebas dari pengaruh yang bisa membahayakan persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.

“Karena itu sebagaimana tema HUT LVRI saya meminta semua pihak tetap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi covid-19 hingga tuntas, hal ini mengingat perjuangan melawan covid-19 belum berakhir. Kita semua harus tetap waspada dan tidak boleh lengah, disiplin mematuhi protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran agar bisa menjadi teladan bagi orang lain”, tandas Bupati Mundjidah Wahab.

Saat ini, LVRI terus mensosialisasikan program jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 1945 atau JSN ’45 kepada seluruh elemen bangsa. Program Sosialisasi JSN ’45 adalah komitmen yang sudah dirintis LVRI sejak 2012, dan hingga kini masih konsisten disosialisasikan kepada seluruh elemen bangsa, khususnya kalangan pendidikan. JSN ’45 adalah ruh dan napas para pejuang, semangat cinta tanah air, rela berkorban, percaya kemampuan diri, dan pantang menyerah. Nilai-nilai tersebut terbukti telah berhasil menjadikan bangsa ini merdeka. Oleh karena itu LVRI bertekad menjadikan JSN ’45 menjadi sumber inspirasi bagi perjuangan bangsa.(aan)