Brighton Mengalami Kegagalan di Liga Europa dengan Ditaklukkan oleh AEK Athena

suroboyo.id – Prestasi cemerlang yang diukir oleh Brighton di Premier League sepertinya belum cukup membawa keberuntungan ketika mereka memasuki ajang Liga Europa untuk pertama kalinya. Tim ini harus menelan pil pahit kekalahan dalam debut Eropa mereka.

Brighton harus mengakui keunggulan tim tamu, AEK Athena, dengan skor akhir 2-3 dalam laga matchday 1 Liga Europa musim 2023/2024 yang digelar di Amex Stadium pada dini hari WIB tanggal 22 September 2023.

Meskipun Joao Pedro berhasil mencetak dua gol dari titik penalti, namun hal tersebut tidak cukup untuk membawa Brighton meraih kemenangan. Pasalnya, AEK Athena mampu mengejutkan dengan mencetak tiga gol ke gawang Brighton, yang diciptakan oleh Djibril Sidibe, Mijat Gacinovic, dan Ezequiel Ponce.

Kekalahan ini membuat Brighton harus merasakan pahitnya berada di dasar klasemen Grup B Liga Europa, sementara AEK Athena menduduki posisi puncak. Selain itu, dalam pertandingan lain di grup yang sama, Ajax dan Marseille bermain imbang dengan skor 3-3.

Namun, Brighton justru sudah harus tertinggal kala laga baru berjalan 11 menit akibat gol Sidibe. Pedro mampu menyamakan skor menjadi 1-1 lewat eksekusi penalti di menit ke-30.

Brighton harus mengakhiri babak pertama dengan tertinggal 1-2 dari AEK Athena setelah Gacinovic membobol gawang Jason Steele di menit ke-40.

Di babak kedua, Pedro kembali menyamakan kedudukan lagi-lagi lewat tendangan penalti di menit ke-67. Sayang, Ponce mencetak gol kemenangan bagi tim tamu di menit ke-84.

Susunan Pemain

Brighton: Jason Steele; James Milner (Tariq Lamptey 55′), Igor Julio, Jan Paul van Hecke, Pervis Estupinan; Solly March, Billy Gilmour (Facundo Buonanotte 86′), Kaoru Mitoma (Simon Adingra 86′); Ansu Fati, Pascal Gross; Joao Pedro (Danny Welbeck 82′).

Baca Juga :   Taktik Erik ten Hag Menuai Kritik dari Fans Manchester United

Pelatih: Roberto De Zerbi.

AEK Athena: Cican Stankovic; Djibril Sidibe, Gerasimos Mitoglou, Damian Szymanski, Ehsan Hajsafi (Milad Mohammadi 60′); Jens Jonsson; Orbelin Pineda (Petros Mantalos 79′), Mijat Gacinovic (Niclas Eliasson 79′), Nordin Amrabat; Sergio Araujo (Steven Zuber 68′), Levi Garcia (Ezequiel Ponce 68′).

Pelatih: Matias Almeyda.