Bonek Persebaya Tunjukkan Solidaritas: Salurkan Bantuan untuk Gaza Palestina melalui Bonek PLAB

suroboyo.id – Suporter Persebaya yang dikenal sebagai Bonek kembali menunjukkan kepedulian mereka dengan menyalurkan bantuan untuk Gaza, Palestina.

Kali ini, aksi amal dilakukan melalui komunitas bernama Bonek Pembangkang Liar Arus Bawah (PLAB), bekerja sama dengan Yayasan Ibadurrahman dan Masjid Ar-Rahmah Perak di Pabean Cantikan, Surabaya.

Abdul Aziz, Koordinator Bonek PLAB, menyatakan bahwa jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan selama satu bulan mencapai lebih dari 6 juta rupiah.

“Dalam mengumpulkan donasi ini, tidak hanya melihat dari nominalnya, yang terpenting adalah kita memiliki rasa solidaritas kepada saudara kita sesama muslim,” ucapnya ketika berada di area Masjid Ar-Rahmah Perak Surabaya pada Selasa (2/1/2024).

Aziz menegaskan bahwa gerakan sumbangan untuk Gaza Palestina dilakukan oleh Bonek karena mereka merasa terpanggil oleh kondisi sulit yang dialami Gaza. Oleh karena itu, mereka bersatu untuk memberikan bantuan kepada korban kekejaman Israel di wilayah tersebut.

“Paling tidak bisa memberikan sebuah support bagi saudara kita yang ada di sana. Meskipun ini kecil, tapi paling tidak ini adalah sebuah keikhlasan dari kita semua, ini adalah pesan bahwa bonek ini tetap selalu action untuk sebuah hal yang positif,” katanya.

Hal itu, kata dia, juga merupakan bentuk kegiatan yang sekaligus diharapkan bisa merubah stigma negatif terhadap Bonek, untuk menjadi lebih baik dengan aksi-aksi sosial.

Sementara itu, Ustadz M. Sholeh Drehem Ketua Yayasan Ibdarurrahman dan Masjid Ar-Rahmah menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Bonek. Menurutnya, kegiatan saling membantu orang lain merupakan amalan yang bagus dan berdampak positif bagi sesama.

“Kalau kita ambil dalam pendekatan agama, kata Nabi, tidak ada amalan yang paling mulia daripada menyelesaikan problem kemanusiaan. Bahkan kata Nabi, lebih mulia dari itikaf di Masjid Nabawi satu bulan penuh,” katanya.

Berapa pun donasi yang berhasil dikumpulkan oleh Bonek, ia mengatakan bahwa yang utama adalah niat dan ketulusan yang memiliki nilai lebih besar dari sekadar nominal.

“Mudah-mudahan, semuanya diterima oleh Allah SWT, dan semoga sinergi ini berkelanjutan, tidak hanya ini,” pungkasnya.